Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Klaim Tembak Jatuh 125 Drone Ukraina dalam Serangan Terbesar sejak Invasi

Kompas.tv - 29 September 2024, 20:40 WIB
rusia-klaim-tembak-jatuh-125-drone-ukraina-dalam-serangan-terbesar-sejak-invasi
Petugas pemadam kebakaran Ukraina berupaya memadamkan api setelah Rusia menyerang Kota Zaporizhzhia dengan bom berpemandu pada malam hari, Minggu, 29 September 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

KIEV, KOMPAS.TV – Pejabat Rusia mengeklaim lebih dari 125 drone Ukraina yang masuk ke wilayah Rusia, berhasil ditembak jatuh pada Minggu (29/9/2024). 

Serangan ini dilaporkan menyebabkan kebakaran hutan dan membakar salah satu blok apartemen. Serangan tersebut disebut sebagai salah satu serangan drone terbesar yang pernah terlihat di langit Rusia sejak Moskow memulai invasi ke Ukraina pada Februari 2022.

Kementerian Pertahanan Rusia mengeklaim mereka menembak jatuh 125 drone dalam semalam di tujuh wilayah berbeda. 

Wilayah barat daya Volgograd mengalami serangan paling berat, dengan 67 drone Ukraina berhasil ditangkal oleh pertahanan udara Rusia.

Baca Juga: Adik Kim Jong-Un Kecam Bantuan Militer AS ke Ukraina, Sebut Perang Nuklir dengan Rusia Bakal Pecah

Di wilayah Voronezh, sebanyak 17 drone terpantau, dan puing-puing yang jatuh dari serangan tersebut merusak sebuah blok apartemen dan rumah pribadi. Hal itu diungkapkan Gubernur Aleksandr Gusev. 

Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan kobaran api dari jendela lantai atas gedung apartemen tersebut. Meski begitu, tidak ada korban yang dilaporkan dalam insiden ini.

Di wilayah Rostov, 18 drone dilaporkan terdeteksi. Serpihan yang jatuh memicu kebakaran hutan, menurut Gubernur Vasily Golubev. 

Golubev menjelaskan, kebakaran tersebut tidak mengancam daerah berpenduduk, namun petugas darurat tengah berupaya memadamkan api yang telah melahap 49,4 ekar atau sekitar 20 hektare hutan.

Baca Juga: Rekan Putin Ancam Upaya NATO Tak Akan Mempan Lawan Senjata Nuklir: Serang Rusia Hanya Akan Jadi Debu




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x