Kompas TV internasional kompas dunia

Lini Masa Pembunuhan Terencana Israel, Ada Tokoh Hamas, PLO, Hizbullah, dan Iran

Kompas.tv - 31 Juli 2024, 19:15 WIB
lini-masa-pembunuhan-terencana-israel-ada-tokoh-hamas-plo-hizbullah-dan-iran
Ribuan pelayat Palestina membawa peti jenazah pemimpin spiritual Hamas, Sheik Ahmed Yassin, kiri, selama pemakamannya di Kota Gaza, pada 22 Maret 2004. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Ketegangan di Timur Tengah semakin memanas setelah terjadi dua pembunuhan terhadap pemimpin perlawanan di Beirut dan Teheran. Serangan ini menambah daftar panjang pembunuhan terencana yang dikaitkan dengan Israel.

Hamas menuduh pemerintah zionis Israel berada di balik pembunuhan pemimpin tertinggi mereka, Ismail Haniyeh, di Teheran. Namun, Israel tidak memberikan tanggapan. 

Sementara itu, Israel mengeklaim bertanggung jawab atas serangan terhadap Fouad Shukur, komandan senior Hizbullah di Beirut.

Kedua serangan ini mengancam memperluas konflik di kawasan setelah hampir 10 bulan perang di Gaza.

Berikut adalah beberapa pembunuhan terencana yang dilakukan Israel selama bertahun-tahun:

Baca Juga: Hamas Deklarasikan Akan Perang Terbuka untuk Membebaskan Yerusalem Usai Pembunuhan Ismail Haniyeh

Warga Palestina mengevakuasi jenazah dari lokasi yang terkena serangan bom Israel di Khan Younis, Jalur Gaza selatan, pada 13 Juli 2024. Israel mengatakan pihaknya menargetkan komandan militer Hamas Mohammed Deif dalam serangan besar-besaran pada hari Sabtu itu (Sumber: AP Photo)

Juli 2024

Israel menargetkan komandan militer Hamas, Mohammed Deif, dalam serangan besar di Jalur Gaza selatan yang padat. Serangan itu menewaskan setidaknya 90 orang termasuk anak-anak, menurut pejabat kesehatan setempat. Nasib Deif masih belum diketahui.

April 2024

Dua jenderal Iran tewas dalam serangan yang diklaim Iran dilakukan oleh Israel di konsulat Iran di Suriah. Kematian ini memicu serangan balik dari Iran yang meluncurkan 300 rudal dan drone ke wilayah Israel, kebanyakan berhasil dicegat.

Januari 2024

Serangan drone Israel di Beirut menewaskan Saleh Arouri, pejabat senior Hamas yang berada di pengasingan, saat tentara Israel bertempur dengan kelompok itu di Gaza.

Desember 2023

Seyed Razi Mousavi, penasihat lama Garda Revolusi Iran di Suriah, tewas dalam serangan drone di luar Damaskus. Iran menyalahkan Israel atas serangan ini.

2019

Serangan udara Israel mengenai rumah Bahaa Abu el-Atta, komandan senior Jihad Islam di Jalur Gaza, menewaskannya bersama istrinya.

2012

Ahmad Jabari, kepala sayap bersenjata Hamas, tewas ketika serangan udara mengenai mobilnya. Kematian Jabari memicu perang delapan hari antara Hamas dan Israel.

2010

Mahmoud al-Mabhouh, operator senior Hamas, tewas di kamar hotel di Dubai dalam operasi yang dikaitkan dengan agen mata-mata Mossad tetapi tidak pernah diakui oleh Israel. Banyak dari 26 pembunuh yang diduga terekam kamera, menyamar sebagai turis.

Baca Juga: Iran Janji Balas Kematian Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh: Sudah Tugas Kami Menghukum Berat Zionis

Pemimpin politik puncak kelompok Hamas, Ismail Haniyeh tewas dibunuh serangan udara Israel di Tehran hari Rabu, 31 Juli 2024. Hamas mendeklarasikan perang terbuka untuk membebaskan Yerusalem dan kelompok itu siap membayar semua harga untuk melakukannya. (Sumber: AP Photo)

2008




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x