Kompas TV internasional kompas dunia

Penyelam Polandia Temukan Harta Karun di Dasar Laut, Kiriman untuk Tsar Rusia di Abad 19

Kompas.tv - 29 Juli 2024, 23:03 WIB
penyelam-polandia-temukan-harta-karun-di-dasar-laut-kiriman-untuk-tsar-rusia-di-abad-19
Penyelam Polandia menemukan bangkai kapal abad ke-19 di lepas pantai Swedia yang penuh dengan botol-botol sampanye. (Sumber: Marek Cacaj /Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

WARSAWA, KOMPAS TV - Penyelam Polandia menemukan bangkai kapal abad ke-19 di lepas pantai Swedia yang penuh dengan botol-botol sampanye.

Muatan "sangat eksklusif" ini diduga kuat ditujukan untuk tsar Rusia sebelum kapal tersebut tenggelam, seperti laporan Straits Times, Senin (29 Juli 2024).

Mereka menemukan bangkai kapal itu, yang juga berisi porselen dan botol air mineral, sekitar 60 meter di bawah permukaan Laut Baltik.

Namun, mereka perlu izin dari otoritas Swedia untuk membawa muatan tersebut ke darat.

"Kapal ini hampir utuh, hanya bagian haluan yang sedikit rusak," kata Marek Cacaj dari kelompok penyelam Baltictech.

"Pada awalnya, kami tidak memperhatikan muatan kapal ini, kami hanya berkeliling. Tapi kemudian kami melihat banyak botol, pertama-tama botol-botol sampanye."

Baca Juga: Keluarga di Norwegia Cari Anting Emas Gunakan Detektor Logam, Malah Temukan Harta Karun Viking

Penyelam Polandia menemukan bangkai kapal abad ke-19 di lepas pantai Swedia yang penuh dengan botol-botol sampanye. (Sumber: Marek Cacaj / Straits Times )

Cacaj mengatakan para penyelam telah mengidentifikasi merek sampanye tersebut, yang dia sebut sebagai "sangat eksklusif".

"Kemungkinan besar, sampanye ini milik tsar, jadi muatan ini ditujukan ke Rusia, yang bisa sangat meningkatkan nilainya," katanya.

"Kami juga tahu, karena kami berhubungan dengan produsen sampanye ini, bahwa ada sampanye yang diproduksi khusus untuk tsar yang lebih manis, hanya untuk dia."

Jika para penyelam mendapatkan izin untuk mengangkat beberapa botol, Cacaj mengatakan, mereka akan mengirimkannya ke produsen untuk memastikan berapa nilainya sekarang dan apakah masih layak diminum.

Namun, bukan hanya sampanye yang berharga pada masa itu. Air mineral sangat dihargai karena dianggap memiliki khasiat medis.

"Kita perlu ingat bahwa pada masa itu... air mineral adalah muatan yang sangat berharga," kata Cacaj. "Sering kali diiringi oleh polisi atau tentara."


 




Sumber : Straits Times




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x