Kompas TV internasional kompas dunia

Penangkapan Raja Kartel Meksiko El Mayo Diprediksi Bakal Picu Perebutan Kekuasaan

Kompas.tv - 27 Juli 2024, 21:00 WIB
penangkapan-raja-kartel-meksiko-el-mayo-diprediksi-bakal-picu-perebutan-kekuasaan
Ismael Zambada atau yang dikenal dengan julukan El Mayo, pemimpin kartel narkoba Sinaloa di Meksiko. (Sumber: Departemen Luar Negeri AS via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

 

MEXICO CITY, KOMPAS.TV - Era baru kartel narkoba Sinaloa di Meksiko dimulai setelah penangkapan Ismael "El Mayo" Zambada oleh otoritas Amerika Serikat (AS).

Zambada merupakan salah satu dari pengedar narkoba legendaris Meksiko yang berhasil menghindari penjara selama puluhan tahun.

Para ahli percaya penangkapannya akan memicu gelombang kekerasan baru di Meksiko.

Zambada dikenal sebagai operator yang cerdik, ahli membuat pejabat jadi korup, dan mampu bernegosiasi dengan siapa saja, termasuk dengan saingan.

Kehilangan Zambada bisa menyebabkan perang internal dalam tubuh kartel yang memiliki jangkauan global tersebut.

Penangkapan atau pembunuhan para raja narkoba sebelumnya telah membuka jalan bagi generasi muda pengedar narkoba Sinaloa yang lebih kejam, menurut para ahli.

Dengan pemikiran ini, pemerintah Meksiko mengerahkan 200 anggota pasukan khusus ke Culiacan, ibu kota negara bagian Sinaloa, pada Jumat (26/7/2024).

Ada "potensi signifikan terjadinya eskalasi kekerasan yang tinggi di seluruh Meksiko," kata Vanda Felbab-Brown, peneliti senior di Strobe Talbott Center for Security, Strategy and Technology di Brookings Institute.

Ini "buruk untuk Meksiko, buruk untuk Amerika Serikat, serta ada kemungkinan kartel Generasi Baru Jalisco yang lebih kejam akan menjadi lebih penting."

Penangkapan Zambada bisa dianggap sebagai "keberhasilan taktis besar," tetapi bermasalah secara strategis, kata Felbab-Brown.

Seorang pejabat AS yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan Zambada terjebak untuk terbang ke Amerika Serikat, di mana dia ditangkap bersama dengan Joaquín Guzmán López, anak dari pemimpin kartel Sinaloa terkenal, Joaquín "El Chapo" Guzmán.

El Chapo saat ini menjalani hukuman penjara seumur hidup di Amerika Serikat.

Baca Juga: Pendiri Kartel Sinaloa Sekaligus Rekan Al Chapo Ditangkap, Disebut yang Mengontrol Segalanya

Ismael “El Mayo” Zambada, pemimpin bersejarah kartel Sinaloa Meksiko (kiri), dan Joaquín Guzmán López, putra pemimpin kartel terkenal lainnya. (Sumber: AP Photo)

Sebuah pesawat kecil meninggalkan Hermosillo di utara Meksiko pada Kamis (25/7/2024) pagi dengan hanya seorang pilot AS di dalamnya, menuju bandara di Santa Teresa, New Mexico, dekat El Paso, Texas.

Pada Jumat, Sekretaris Keamanan Meksiko Rosa Icela Rodríguez mengatakan meskipun satu orang berangkat dari Hermosillo, tetapi tiga orang yang tiba di New Mexico.

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador, yang sering mengkritik strategi menangkap raja narkoba, mengatakan Meksiko tidak berpartisipasi atau mengetahui operasi AS tersebut.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x