Kompas TV internasional kompas dunia

Usai Penembakan, Trump Akan Kembali Kampanye bareng Cawapres JD Vance

Kompas.tv - 21 Juli 2024, 00:38 WIB
usai-penembakan-trump-akan-kembali-kampanye-bareng-cawapres-jd-vance
Capres Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump (kiri) dan cawapresnya, Senator JD Vance, di Konvensi Nasional Partai Republik di Milwaukee, Wisconsin, 15 Juli 2024. Trump dijadwalkan akan kembali berkampanye usai penembakan di Pennsylvania pada 13 Juli lalu. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

LANSING, KOMPAS.TV - Calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump, dijadwalkan menggelar kampanye di Michigan pada Sabtu (20/7/2024) waktu setempat.

Kampanye tersebut akan menjadi kampanye publik pertamanya setelah dia terluka dalam penembakan di Pennsylvania pada 13 Juli lalu. Dalam kampanye yang akan diadakan di Michigan, negara bagian kunci dalam pemilihan presiden AS, itu Trump akan didampingi calon wakil presiden (cawapres), Senator Ohio JD Vance. 

Ini akan menjadi kampanye Trump-Vance pertama sejak mereka diresmikan menjadi pasangan calon dari Partai Republik pada Konvensi Nasional Republik di Milwaukee.

Trump membuka acara dengan mengumumkan Vance sebagai cawapresnya dan menutupnya dengan pidato yang menyerukan persatuan setelah penembakan pada 13 Juli di Pennsylvania yang membuatnya terluka di telinga dan menyebabkan satu orang tewas.

Baca Juga: Teka-teki Seputar Penembakan Trump, Motif dan Bagaimana Pelaku Menyelundupkan Senjata Belum Jelas

"Saya mencalonkan diri untuk menjadi presiden bagi seluruh Amerika, bukan setengah Amerika, karena tidak ada kemenangan dalam kata menang untuk setengah Amerika," kata Trump, Kamis (18/7/2024) malam dalam pidato terpanjang dalam sejarah konvensi modern yang hampir mencapai 93 menit.

Michigan adalah salah satu negara bagian kunci yang diperkirakan akan menentukan hasil pemilihan presiden AS pada November mendatang.

Trump menang tipis di negara bagian ini dengan lebih dari 10.000 suara pada tahun 2016, tetapi capres dari Partai Demokrat, Joe Biden, membalikkan keadaan pada tahun 2020.

Biden menang dengan selisih 154.000 suara dalam perjalanannya menuju kursi kepresidenan.

Dengan Vance di sisinya, Trump dijadwalkan akan menyampaikan pidato di Grand Rapids, yang merupakan basis kuat Partai Republik yang semakin condong ke Partai Demokrat dalam pemilihan terakhir.

Baca Juga: Cawapres Trump Ingin Perang Israel di Gaza Berakhir Secepat Mungkin

Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump (kiri), tampil bersama cawapresnya, JD Vance (kanan), dalam Konvensi Nasional Republikan di Milwaukee, Senin (15/7/2024). (Sumber: Charles Rex Arbogast/Associated Press)




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x