Kompas TV internasional kompas dunia

Populasi Dunia Tembus 8 Miliar Manusia, Jumlah Lansia Melonjak Tajam

Kompas.tv - 12 Juli 2024, 07:35 WIB
populasi-dunia-tembus-8-miliar-manusia-jumlah-lansia-melonjak-tajam
Ilustrasi lansia. Jumlah penduduk dunia berusia 65 tahun ke atas hampir dua kali lipat menjadi 10,3% dari 8 miliar manusia di bumi, dan tren ini diperkirakan akan terus berlanjut, tahun 2074, jumlah penduduk berusia 65 tahun ke atas diperkirakan akan mencapai 20,7%, dengan jumlah orang berusia 80 tahun ke atas lebih dari tiga kali lipat. (Sumber: Anadolu)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

ISTANBUL, KOMPAS TV - Jumlah penduduk dunia berusia 65 tahun ke atas meningkat hampir dua kali lipat menjadi 10,3% dari 8 miliar manusia di bumi, dan tren ini diperkirakan akan terus berlanjut. Populasi dunia terus tumbuh dengan laju yang berbeda-beda di berbagai wilayah.

Pada tahun 2074, jumlah penduduk berusia 65 tahun ke atas diperkirakan akan mencapai 20,7%, dengan jumlah orang berusia 80 tahun ke atas lebih dari tiga kali lipat.

Menurut laporan "2024 State of World Population Report" dari UN Population Fund (UNFPA), dinamika populasi global menunjukkan perubahan signifikan dalam pola pertumbuhan regional, kepadatan penduduk, dan tingkat urbanisasi.

Seiring penuaan populasi global, Eropa, Amerika Utara, dan sebagian Asia mengalami peningkatan proporsi lansia, menimbulkan tantangan bagi layanan kesehatan, rencana pensiun, dan dinamika tenaga kerja.

Setelah diterimanya proposal dari UN Development Programme (UNDP) oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1989, tanggal 11 Juli diperingati setiap tahun sebagai "Hari Kependudukan Dunia" untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu terkait kependudukan.

Kantor berita Anadolu Agency mengumpulkan informasi dari sumber-sumber PBB tentang keadaan populasi dunia saat ini, termasuk tren pertumbuhan dan penurunan regional, dalam rangka memperingati Hari Kependudukan Dunia.

Baca Juga: WHO: 50 Persen Lebih Penduduk Dunia Berisiko Tinggi Terkena Wabah Campak pada 2024

Ilustrasi Lansia. Jumlah penduduk dunia berusia 65 tahun ke atas hampir dua kali lipat menjadi 10,3% dari 8 miliar manusia di bumi, dan tren ini diperkirakan akan terus berlanjut, tahun 2074, jumlah penduduk berusia 65 tahun ke atas diperkirakan akan mencapai 20,7%, dengan jumlah orang berusia 80 tahun ke atas lebih dari tiga kali lipat. (Sumber: shurkin_son on Freepik)

10,3% Populasi Global Berusia 65 Tahun ke Atas

Menurut data UNFPA, proporsi global orang berusia 65 tahun ke atas hampir dua kali lipat dari 5,5% pada tahun 1974 menjadi 10,3% pada tahun 2024.

Angka ini diproyeksikan mencapai 20,7% pada tahun 2074, dengan jumlah orang berusia 80 tahun ke atas lebih dari tiga kali lipat.

Saat ini, negara-negara maju memiliki proporsi populasi lansia tertinggi, sementara negara-negara berkembang umumnya mengalami penuaan populasi yang cepat.

Penuaan populasi global terkait dengan peningkatan harapan hidup rata-rata dan penurunan tingkat kesuburan di banyak negara.

Tingkat Kesuburan Global Menurun

Pertumbuhan populasi global diperkirakan akan terus berlanjut dengan laju lambat hingga tahun 2080-an. Tingkat kesuburan global telah turun menjadi sekitar 2,3 anak per wanita, dipengaruhi oleh perubahan dalam perencanaan keluarga, pendidikan, dan kondisi ekonomi.

Wilayah-wilayah maju seperti Amerika Utara dan Eropa memiliki populasi gabungan sebesar 1,277 miliar, dengan tingkat kesuburan rata-rata 1,5 anak per wanita.

Sebaliknya, wilayah-wilayah kurang berkembang yang mencakup Asia, Afrika, dan Amerika Latin menampung 6,842 miliar orang, dengan tingkat kesuburan lebih tinggi rata-rata 2,4 anak per wanita.



Sumber : Anadolu



BERITA LAINNYA



Close Ads x