Kompas TV internasional kompas dunia

Toyota Pamerkan Mesin Kendaraan Berbahan Bakar Ramah Lingkungan

Kompas.tv - 29 Mei 2024, 05:15 WIB
toyota-pamerkan-mesin-kendaraan-berbahan-bakar-ramah-lingkungan
Koji Sato, CEO Toyota Motor Corp., berbicara dalam konferensi pers di Tokyo, Jepang, Selasa (28/5/2024). Toyota memperkenalkan rencananya untuk menghadirkan mesin yang ramah lingkungan. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

TOKYO, KOMPAS.TV - “Mesin yang terlahir kembali.” Begitulah Toyota, produsen mobil asal Jepang, memperkenalkan rencananya untuk menghadirkan inovasi pada mesin pembakaran internal tradisional.

Dalam presentasi selama tiga jam di Tokyo, Selasa (28/5/2024), raksasa otomotif ini mengumumkan akan menawarkan mesin ringkas yang ramah lingkungan.

Mesin ini dapat menggunakan bahan bakar hijau seperti hidrogen dan bioetanol, atau dikombinasikan dengan motor listrik tanpa emisi dalam kendaraan hibrida.

Langkah ini diambil saat banyak pesaing Toyota di industri otomotif, beralih ke kendaraan listrik sepenuhnya.

China mendorong penggunaan kendaraan berbaterai elektrik (battery electric vehicles/BEV) dan perusahaan BYD bersaing ketat dengan Tesla dalam hal ini.

Baca Juga: Bicara di APEC CEO Summit, Jokowi Bilang RI akan Buat 300.000 Mobil Listrik di 2030

CEO Toyota, Koji Sato, mengatakan “mesin ini dioptimalkan untuk era elektrifikasi” dengan harapan membantu dunia mencapai “netralitas karbon.”

Toyota sudah dikenal dengan mobil hibridanya, Prius, yang menggunakan mesin bensin dan motor listrik. Mobil ini beralih di antara keduanya untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih bersih.

Menurut Toyota, pada kendaraan hibrida masa depan, motor listrik akan menjadi tenaga penggerak utama, dan mesin baru ini akan dirancang untuk mendukungnya.

Mitra domestik seperti Subaru Corp. dan Mazda Motor Corp., yang juga sedang mempersiapkan mesin ramah lingkungan untuk memenuhi standar emisi yang semakin ketat, bergabung dalam presentasi Toyota yang disebut sebagai “workshop multi-jalur.”

“Setiap perusahaan ingin menang, tapi kita bisa lebih cepat jika bekerja sama,” kata Sato.

Namun, detail kapan mesin-mesin ini akan dipasarkan belum diungkapkan.

Mazda mengatakan mesin rotari andalannya, yang diperkenalkan lebih dari 50 tahun lalu, sedang disesuaikan untuk kendaraan listrik.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x