Kompas TV internasional kompas dunia

Helikopter Pembawa Presiden dan Menlu Iran Dilaporkan Jatuh karena Cuaca Buruk, Masih Pencarian Tim

Kompas.tv - 20 Mei 2024, 05:53 WIB
helikopter-pembawa-presiden-dan-menlu-iran-dilaporkan-jatuh-karena-cuaca-buruk-masih-pencarian-tim
Helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi dan beberapa pejabat senior jatuh karena cuaca buruk di Provinsi Azerbaijan Timur hari Minggu, 19/5/2024, menurut TV pemerintah Iran. (Sumber: IRNA)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Deni Muliya

TEHRAN, KOMPAS TV - Helikopter yang membawa Presiden Iran, Ebrahim Raisi jatuh karena cuaca buruk di Provinsi Azerbaijan Timur, Minggu, (19/5/2024).

Menurut TV pemerintah Iran, saat kejadian jatuh itu, Presiden Ebrahim Raisi sedang bersama rombongan yang terdiri pejabat-pejabat senior.

Mereka antara lain; Menlu Hossein Amir-Abdollahian, Gubernur Azerbaijan Timur Malik Rehmati, dan pemimpin shalat Jumat kota Tabriz, Ayatollah Al-Hashem.

Media pemerintah melaporkan, setidaknya 20 tim tanggap darurat dari provinsi Azerbaijan Timur, Ardabil, dan Zanjan segera dikerahkan ke lokasi dan sedang melakukan operasi pencarian dan penyelamatan.

Belum ada laporan mengenai kondisi mereka yang berada di dalam helikopter, termasuk Raisi.

Karena medan pegunungan dan kabut tebal, operasi pencarian dan penyelamatan diperkirakan memakan waktu lama.

Menteri Dalam Negeri Ahmad Vahidi dalam pernyataannya yang ditayangkan di televisi negara mengatakan, "Presiden dan rombongannya sedang dalam perjalanan kembali menggunakan beberapa helikopter, dan salah satu helikopter terpaksa melakukan pendaratan sulit karena cuaca buruk dan kabut" katanya.

Ia juga menambahkan, berbagai tim penyelamat sedang menuju ke lokasi. tetapi karena cuaca buruk dan kabut, mungkin akan memakan waktu untuk mencapai helikopter tersebut."

"Daerah tersebut cukup terjal dan sulit untuk melakukan kontak," tambahnya.

"Kami menunggu tim penyelamat mencapai lokasi pendaratan dan memberikan informasi lebih lanjut," tuturnya.

Ia menyebutkan salah satu helikopter dalam rombongan Presiden Iran harus melakukan pendaratan karena kondisi cuaca buruk dan banyak tim penyelamat telah dikerahkan.

Pir Hossein Kolivand, Kepala Bulan Sabit Merah Iran mengatakan kepada TV pemerintah, 40 tim tanggap cepat telah dikirim ke daerah tersebut untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan.

Baca Juga: Warga Tehran Rayakan Serangan Rudal Iran ke Israel, Turun ke Jalan Nyalakan Kembang Api



Sumber : IRNA / Anadolu



BERITA LAINNYA



Close Ads x