Kompas TV internasional kompas dunia

Penasihat Keamanan Nasional AS Bertemu Putra Mahkota Saudi, Bahas Kesepakatan Keamanan

Kompas.tv - 20 Mei 2024, 02:04 WIB
penasihat-keamanan-nasional-as-bertemu-putra-mahkota-saudi-bahas-kesepakatan-keamanan
Penasihat keamanan AS Jake Sullivan di Gedung Putih 11 Juli 2022. Sullivan bertemu Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, pada Minggu pagi, 19/5/2024, untuk membahas versi "semi-final" dari perjanjian keamanan antara kedua negara. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Deni Muliya

DUBAI, KOMPAS TV - Penasihat keamanan nasional Presiden Joe Biden, Jake Sullivan bertemu Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, pada Minggu 19/5/2(024).

Menurut sejumlah informasi, mereka bertemu dengan agenda membahas perjanjian keamanan antara kedua negara.

Pengumuman oleh Saudi Press Agency ini datang setelah serangan udara dan darat Israel di Gaza.

Serangan ini membunuh hampir 36.000 warga Gaza, mengancam perjanjian keamanan yang mencakup pengakuan diplomatik Saudi terhadap Israel untuk pertama kalinya sejak pendiriannya pada 1948.

Atas peristiwa itu, media negara Saudi tidak merilis gambar pertemuan antara Jake Sullivan dan Pangeran Mohammed bin Salman di Dhahran, kota di bagian timur kerajaan yang menjadi rumah bagi perusahaan minyak negara, Saudi Aramco.

"Poin-poin penting dari rancangan perjanjian strategis antara kerajaan (Arab Saudi) dan Amerika Serikat yang hampir selesai, serta upaya untuk menemukan jalan yang kredibel untuk isu Palestina, telah dibahas," kata pernyataan yang dirilis setelah pembicaraan tersebut.

Pernyataan itu juga menyebutkan, solusi dua negara yang memenuhi aspirasi dan hak-hak sah rakyat Palestina, serta situasi di Gaza dan kebutuhan untuk menghentikan perang di sana memfasilitasi masuknya bantuan kemanusiaan.

Arab Saudi telah lama menyerukan negara Palestina yang merdeka dibentuk berdasarkan perbatasan Israel tahun 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibukota.

Namun, hal ini tidak diterima Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang pemerintahannya bergantung pada dukungan dari kelompok garis keras dan menentang solusi dua negara.

Baca Juga: Militer Hamas Siap Perang Jangka Panjang dengan Israel, Sebut Berikan Kehancuran Besar ke Zionis

Mohammad Bin Salman Al Saud, pemimpin kerajaan sekaligus putra mahkota, wakil perdana menteri, dan menteri pertahanan Arab Saudi saat ini. (Sumber: Middle East Eye)

Sementara itu pihak gedung putih mengakui perjalanan Sullivan yang akan menuju Israel untuk bertemu Netanyahu.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x