Kompas TV internasional kompas dunia

Zelenskyy Salahkan Dunia atas Jatuhnya Sebagian Kharkiv ke Tangan Rusia, Minta Dukungan Lebih

Kompas.tv - 17 Mei 2024, 23:50 WIB
zelenskyy-salahkan-dunia-atas-jatuhnya-sebagian-kharkiv-ke-tangan-rusia-minta-dukungan-lebih
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyatakan kekecewaannya terhadap komunitas internasional atas kegagalan pasukannya mempertahankan sejumlah wilayah di Kharkiv dari serangan Rusia. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

KIEV, KOMPAS.TV – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyatakan kekecewaannya terhadap komunitas internasional atas kegagalan pasukannya mempertahankan sejumlah wilayah di Kharkiv dari serangan Rusia.

Dalam wawancara dengan ABC News, Zelenskyy menyalahkan dunia atas jatuhnya beberapa wilayah di Kharkiv ke tangan Rusia. 

"Dunia telah memberikan kesempatan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menduduki Kharkiv. Tapi sekarang dunia bisa membantu," katanya.

Zelenskyy meminta dukungan segera dari masyarakat internasional. Ia menekankan kebutuhan mendesak Ukraina akan dua sistem pertahanan udara Patriot untuk menghadapi serangan Rusia yang semakin intensif. 

"Yang kita butuhkan hanyalah dua sistem Patriot. Rusia tidak akan dapat menduduki Kharkiv jika kita memilikinya," ujarnya.

Hingga saat ini, Ukraina masih menunggu bantuan militer dari Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Barat lainnya yang belum tiba. 

Baca Juga: Pasukan Ukraina Terdesak Serangan Rusia di Kharkiv, Zelenskyy Batalkan Kunjungan ke Luar Negeri

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, baru-baru ini, mengunjungi Kiev dan mengumumkan tambahan bantuan militer sebesar 2 miliar dolar AS.

Zelenskyy mengapresiasi dialog yang baik namun menekankan kebutuhan mendesak bantuan militer. 



Sumber : ABC News, Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x