Kompas TV internasional kompas dunia

Lawrence Wong Dilantik Jadi PM Singapura, Janji Wujudkan Impian Generasi Muda akan Singapura Baru

Kompas.tv - 16 Mei 2024, 06:25 WIB
lawrence-wong-dilantik-jadi-pm-singapura-janji-wujudkan-impian-generasi-muda-akan-singapura-baru
Lawrence Wong, kedua dari kiri, dilantik menjadi Perdana Menteri (PM) Singapura yang baru di samping Presiden Tharman Shanmugaratnam, tengah, dan Ketua Hakim Sundaresh Menon, kedua dari kanan, di Istana di Singapura. Rabu, 15 Mei 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

SINGAPURA, KOMPAS TV - Perdana Menteri baru Singapura, Lawrence Wong, Rabu (15/5/2024) berjanji membuat "besok lebih baik dari hari ini" saat ia mengambil sumpah jabatan dalam suksesi politik yang dirancang dengan hati-hati untuk menjamin stabilitas di pusat keuangan Asia.

Seorang ekonom yang dilatih di Amerika Serikat (AS), Wong, 51 tahun, menggantikan Lee Hsien Loong, 72 tahun, yang mengundurkan diri setelah dua dekade. Dia adalah pemimpin keempat negara kota ini dan yang pertama lahir setelah kemerdekaan Singapura pada tahun 1965.

Mundurnya Lee menandai berakhirnya dinasti keluarga yang dipimpin oleh ayahnya, Lee Kuan Yew, pemimpin pertama Singapura, yang membangun pos perdagangan kolonial menjadi salah satu negara terkaya di dunia selama 31 tahun memimpin.

Wong menghormati para pendahulunya atas dedikasi kepada negara, mengatakan "kita berdiri di atas bahu para raksasa." Namun, dia mengatakan gaya kepemimpinannya akan berbeda saat dia menavigasi Singapura melalui dunia yang lebih bergejolak.

"Ini adalah penyerahan tongkat estafet bukan hanya antara tim kepemimpinan tetapi juga antargenerasi," kata Wong.

"Kami akan memimpin dengan cara kami sendiri. Kami akan terus berpikir berani dan berpikir jauh."

Dalam pidato pertamanya, PM Lawrence Wong berjanji membantu mewujudkan impian Singapura yang diperbaharui, impian yang tidak hanya ditentukan oleh kesuksesan materi, tetapi juga memberikan makna dan tujuan dalam karier dan kehidupan.

PM Wong mengatakan generasi muda Singapura, khususnya, dengan jelas menunjukkan melalui proses konsultasi Forward Singapore selama 16 bulan untuk membentuk pakta sosial baru, bahwa mereka akan bekerja keras mencapai tujuan, tetapi tidak terjebak dalam lingkaran setan dari kompetisi tiada akhir.

"Saya bertekad untuk membantu warga Singapura mewujudkan impian Anda," katanya dalam pidato selama 20 menit sesaat setelah dilantik menjadi perdana menteri.

Baca Juga: Media Dunia Ramai Beritakan PM Singapura dan Presiden Indonesia Bertemu Didampingi Penerus Mereka

Lebih dari 870 tamu, termasuk duta besar asing, pekerja kesehatan dan transportasi, pemimpin bisnis, guru, dan siswa, hadir dalam upacara pelantikan PM Singapura yang disiarkan di televisi di Istana. 

"Kami akan menemukan cara baru untuk menjadi lebih produktif dan inovatif, dan mencapai keseimbangan yang lebih baik di mana pekerjaan punya tujuan, dan kehidupan punya makna," tambah PM Wong, yang berusia 51 tahun.

Dia berjanji untuk mewujudkan masyarakat yang lebih adil, lebih pengasih, dan lebih setara, yang akan menjaga orang tua, yang rentan, dan mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Dia menjelaskan, Pemerintah akan mendukung semua warga Singapura untuk meningkatkan diri dan menjalani kehidupan yang memuaskan, terlepas dari titik awal dalam hidup, usia, atau kemampuan.

Transisi ini telah dirancang secara cermat oleh Partai Tindakan Rakyat, salah satu partai politik terpanjang di dunia dan dikenal karena pemerintahannya yang bersih dan efektif. Tidak diharapkan akan mengubah dinamika di negara kecil dengan populasi sekitar 6 juta orang.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x