Kompas TV internasional kompas dunia

Kemendagri Palestina: 59 Masjid Hancur dan 136 Lainnya Rusak Akibat Serangan Israel

Kompas.tv - 9 November 2023, 22:11 WIB
kemendagri-palestina-59-masjid-hancur-dan-136-lainnya-rusak-akibat-serangan-israel
Seorang warga Palestina menunjukkan kehancuran akibat serangan udara Israel di kamp pengungsian Maghazi, Jalur Gaza, Jumat (3/11/2023). Kamp pengungsian ini kembali diserang Israel pada Sabtu (4/11/2023) dan menyebabkan puluhan orang terbunuh. (Sumber: Hatem Moussa/Associated Press)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

GAZA, KOMPAS.TV - Kementerian Dalam Negeri Palestina di Gaza menyebut bahwa ada 59 masjid yang hancur dan 136 lainnya rusak akibat serangan yang dilancarkan Israel.

Teranyar, serangan udara Israel pada Rabu (8/11/2023) kemarin telah merusak dua masjid di Kota Khan Yunis di Jalur Gaza selatan.

"Pesawat pendudukan Israel mengebom dan menghancurkan Masjid Khalid bin al-Walid dan Masjid Al-Ikhlas di Khan Yunis," bunyi pernyataan dari Kementerian Dalam Negeri di Gaza dikutip dari Anadolu.

Juru bicara Kementerian Wakaf di Jalur Gaza Ikrami Al-Mudallal menambahkan bahwa Israel juga menargetkan masjid ketiga di Gaza, Masjid Al-Sahwa, menjadikan jumlah total masjid yang hancur total menjadi 59.

Al Mudallal menambahkan, pesawat tempur Israel menghancurkan Masjid Al-Sahwa di Khan Yunis, dan juga menghancurkan Masjid Khalid bin al-Walid dan Masjid Al-Ikhlas.

"Jumlah masjid yang dihancurkan secara total telah meningkat menjadi 59, selain 136 masjid dan tiga gereja yang tingkat kerusakannya berbeda-beda, sejak awal perang Israel di Jalur Gaza pada 7 Oktober," ucapnya.

Menargetkan fasilitas sipil seperti rumah ibadah merupakan pelanggaran aturan perang. Israel telah mengklaim bahwa pejuang Hamas bersembunyi di dalam dan di sekitar situs-situs tersebut. 

Israel telah melakukan serangan udara dan darat di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh kelompok Hamas pada 7 Oktober. 

Sejak saat itu, sedikitnya 10.569 warga Palestina, termasuk 4.324 anak-anak dan 2.823 perempuan, telah tewas. Di sisi Israel, jumlah kematian hampir mencapai 1.600 orang menurut angka resmi.

Baca Juga: PBB Desak Integritas Jalur Gaza Harus Dihormati: Sudah Tidak Ada Tempat Aman di Tempat Itu

Brigade Al-Qassam Hancurkan 136 Kendaraan Militer Israel




Sumber : Anadolu




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x