Kompas TV internasional kompas dunia

Tornado Hantam Pinggiran Ottawa, Lebih dari 100 Rumah Warga Rusak

Kompas.tv - 14 Juli 2023, 06:15 WIB
tornado-hantam-pinggiran-ottawa-lebih-dari-100-rumah-warga-rusak
Atap sebuah rumah yang rusak di Ottawa, Kanada, karena dihantam tornado yang terjadi Kamis (13/7/2023). (Sumber: The Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

OTTAWA, KOMPAS.TV - Setidaknya satu tornado menghantam pinggiran ibu kota Kanada Ottawa pada Kamis (13/7/2023). Bencana ini merusak lebih dari 100 rumah di kota tersebut.

Kim Ayotte, manajer umum layanan darurat dan perlindungan untuk kota Ottawa, mengatakan 125 rumah rusak di Half Moon Bay, sebuah lingkungan di ujung selatan pinggiran Barrhaven.

Dia mengatakan sebagian besar kerusakan adalah atap rumah yang hancur, jendela pecah atau kerusakan yang ditimbulkan oleh pohon tumbang.

“Kerusakannya beragam, mulai dari kerusakan kecil hingga kerusakan yang cukup besar,” ujarnya seperti dikutip dari The Associated Press.

Baca Juga: Hati-Hati Pakai Emoji Jempol, Petani Kanada Ini Didenda Rp934 Juta gara-gara Emoji Tersebut

Dia mengatakan hanya satu cedera ringan yang dilaporkan melibatkan seseorang yang kakinya terluka.

Monica Vaswani, seorang ahli meteorologi kesiapsiagaan peringatan di Environment Canada, mengatakan beberapa awan berbentuk corong dilaporkan melintasi Ottawa pada Kamis sore, tetapi hanya ada satu tornado yang dikonfirmasi pada sore hari.

Komunitas tersebut berada sekitar di selatan Parliament Hill di ujung selatan Ottawa yang berkembang pesat.


Laurie Gillespie mengatakan ibunya yang berusia 82 tahun dan saudara perempuannya berada di rumah ketika saudara perempuannya melihat badai datang dan pergi keluar untuk menarik kursi agar tidak tertiup angin.

Jendela di ruang tamu, kamar mandi, dan kamar tidur semua tertiup angin, kaca berserakan di mana-mana, sementara sebagian besar atap rumahnya robek.

Baca Juga: Militer Kanada Deteksi Bunyi di Area Hilangnya Titan, Oksigen Habis Besok Pagi

“Tirai di jendela kamar mandi tersedot keluar dan berakhir di atap,” kata Gillespie.

Gillespie mengatakan ada kerusakan sekitar radius dua hingga tiga blok di sekitar rumah ibunya. Beberapa atap robek dan balok busa yang digunakan sebagai insulasi di loteng meledak.

Polisi Ottawa meminta orang-orang untuk menghindari area Barrhaven dan menjauh dari kabel listrik yang tumbang.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x