Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Coba Serang Kiev dengan Drone Kamikaze, tetapi Gagal

Kompas.tv - 3 Mei 2023, 16:02 WIB
rusia-coba-serang-kiev-dengan-drone-kamikaze-tetapi-gagal
Seorang petugas polisi menyaksikan puing-puing batu dan tanah beterbangan di udara saat drone kamikaze Rusia menghantam pusat ibu kota Kiev, Ukraina, 17 Oktober 2022. (Sumber: AP Photo/Vadym Sarakhan)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Eddward S Kennedy

KIEV, KOMPAS.TV - Pasukan Rusia dilaporkan mencoba menyerang ibu kota Ukraina, Kiev dengan gelombang drone kamikaze. Namun, sistem pertahanan udara di Kiev berhasil menyergap drone-drone itu sebelum mengenai sasaran.

Otoritas Ukraina menyebut Rusia telah tiga kali mencoba menyerang Kiev pada malam hari selama sepekan belakangan. Ukraina menyebut serangan itu selalu gagal dan tidak menimbulkan korban manusia atau infrastruktur.

Baca Juga: Ukraina Keteteran Hadapi Rusia, AS Kirim Banyak Peluru Artileri, Rudal, Roket, dan Senjata Anti Tank

Menurut laporan The Guardian, sirene serangan udara menggema di Kiev selama beberapa jam pada Selasa (2/5) malam waktu setempat. Sirene serangan udara juga dilaporkan berbunyi di daerah sekitar Kiev dan wilayah timur Ukraina.

"Semua target musuh diidentifikasi dan dijatuhkan di wilayah udara sekitar ibu kota," demikian bunyi laporan adminstrasi militer Kiev, Rabu (3/5).

Pasukan Rusia disebut menggunakan drone kamikaze Shahed buatan Iran dalam serangan ini. Namun, belum diketahui berapa unit drone yang diluncurkan.

Sementara itu, di Dnipro, sebuah drone Rusia berhasil mengenai sebuah gedung pemerintahan. Serangan drone ini sempat menimbulkan kebakaran, tetapi api bisa dipadamkan keesokan harinya.

Baca Juga: Kremlin Sebut Tak Tahu soal Misi Perdamaian Rahasia Vatikan dalam Perang Ukraina


 




Sumber : The Guardian




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x