Kompas TV internasional kompas dunia

AS Kabarkan Bahaya Mematikan Campuran Narkoba Fentanyl dan Obat Bius Hewan Xylazine

Kompas.tv - 13 April 2023, 05:01 WIB
as-kabarkan-bahaya-mematikan-campuran-narkoba-fentanyl-dan-obat-bius-hewan-xylazine
Amerika Serikat menetapkan obat penenang hewan Xylazine sebagai "ancaman baru" ketika dicampur dengan opioid kuat Fentanyl, sehingga membuka jalan untuk upaya lebih lanjut dalam menghentikan penyebaran xylazine. (Sumber: RNZ New Zealamd)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Amerika Serikat (AS) menetapkan obat penenang hewan Xylazine sebagai ancaman baru ketika dicampur dengan opioid kuat Fentanyl, sehingga membuka jalan untuk upaya lebih lanjut dalam menghentikan penyebaran xylazine.

Kantor Kebijakan Narkoba Nasional mengumumkan penunjukan tersebut pada Rabu, (12/4/2023), kali pertama kategori bahaya narkoba yang cepat berkembang digunakan sejak aturan tentang kategori narkoba itu diperbarui tahun 2019.

Dr. Rahul Gupta, direktur kantor kebijakan narkoba, mengatakan xylazine (dibaca sebagai ZAI'-luh-zeen) semakin umum digunakan di seluruh wilayah AS.

Obat ini terdeteksi dalam sekitar 800 kematian akibat narkoba di Amerika Serikat pada tahun 2020 - kebanyakan di kawasan Timur Laut.

Tahun 2021, obat ini dideteksi dalam lebih dari 3.000 kematian akibat narkoba, dengan jumlah terbanyak di wilayah Selatan, menurut laporan tahun lalu dari Badan Penegakan Narkoba.

"Kita tidak dapat mengabaikan apa yang kita lihat," kata Gupta. "Kita harus bertindak dan bertindak sekarang."

Baca Juga: Presiden Meksiko: Krisis Fentanyl di AS Disebabkan Kurangnya Pelukan dan Dekapan dalam Keluarga

Carfentanil merupakan narkoba yang 10.000 kali lebih kuat dari heroin dan 100 kali lebih kuat dari fentanil. Amerika Serikat menetapkan obat penenang hewan Xylazine sebagai "ancaman baru" ketika dicampur dengan opioid kuat Fentanyl, sehingga membuka jalan untuk upaya lebih lanjut dalam menghentikan penyebaran xylazine.(Sumber: Mirror)

Xylazine disetujui untuk digunakan pada hewan sejak tahun 1971. Terkadang dikenal sebagai "tranq", obat ini mulai muncul dalam pasokan obat terlarang yang digunakan oleh manusia dalam jumlah besar.

Diperkirakan obat ini ditambahkan ke obat lain untuk meningkatkan cuan para peramu dan pembuat narkoba.

Pejabat anti-narkoba AS berusaha memahami seberapa banyak yang berasal dari penggunaan pada hewan dan seberapa banyak yang dibuat secara ilegal.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'newrelic.so' (tried: /usr/lib64/php/modules/newrelic.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so: cannot open shared object file: No such file or directory), /usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: