Kompas TV foto berita foto

Merti Umbul Pedukuhan Lojajar Sleman, Lestarikan Mata Air dengan Tradisi

Kompas.tv - 9 September 2024, 11:57 WIB
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Ratusan warga Pedukuhan Lojajar, Sinduharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan kegiatan merti umbul di Umbul Temanten, Lojajar, Minggu (8/9/2024) sore hingga petang.

Kegiatan bernuansa adat Jawa tersebut merupakan wujud rasa syukur masyarakat atas limpahan air dari umbul atau mata air yang tidak pernah kering meski kemarau panjang. Kegiatan itu sekaligus untuk melindungi mata air yang ada.

Merti umbul diawali dengan kirab bregada atau prajurit dari Pedukuhan Lojajar menuju Umbul Temanten, yang diikuti oleh sekitar 500 warga, yang dirangkai dengan festival kendi.

Baca Juga: BERITA FOTO: Paus Fransiskus Tiba di Indonesia, Senyum dan Lambaikan Tangan dari Balik Jendela Mobil

“Kita juga ada festival kendi, kita ambil sumber air empat kiblat lima pancer di Pedukuhan Lojajar untuk disatukan dengan air umbul (Temanten) sebagat simbol menyatunya masyarakat dan alam sebegai saka guru kehidupan, kata Kepala Pedukuhan Lojajar, Drajad Giripawoko di lokasi.

Ia menuturkan, upacara ini merupakan wujud syukur masyarakat Padukuhan Lojajar atas karunia Tuhan berupa mata air yang tidak pernah surut meski kemarau panjang.

“Selama ini menjadi sumber kehidupan baik pertanian maupun kegiatan lain yang membutuhkan air. Ini kegiatan trutin setiap tahun, biasanya di Bulan Safar atau sekitar itu tergantung keadaan.”

Ia berharap kegiatan ini menjadi agenda wisata rutin di Kabupaten Sleman. Harapan lain adalah agar warga juga senantiasa ingat bahwa anugerah mata air yang tidak pernah surut itu harus dijaga karena mata air ini bukan milik generasi sekarang tapi untuk warisan anak cucu kelak.

Baca Juga: HUT ke-79 RI, Mahasiswa dan Warga Bantaran Kali Kibarkan 79 Bendera di Sungai Code Yogyakarta

Rangkaian kegiatan pada upacara merti umbul itu antara lain serah terima sesaji dan air dari sumber empat kiblat lima pancer, karawitan, sendra tari yang menceritakan terbentuknya Pedukuhan Lojajar, dan pengambilan air dari umbul.

“Lojajar itu berasal dari pohon Lo yang berjajar-jajar, tapi seiring perkembangan waktu sekarang sudah tidak ada lagi pohon Lo, nanti kita juga ada penanaman pohon Lo. Tema kali ini adalah melestarikan, menyawijikan masyarakat dan alam.”

Sejumlah warga Pedukuhan Lojajar, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, melaksanakan kirab budaya sebagai rangkaian upacara Merti Umbul Temanten, Minggu (8/9/2024) sore. (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Puluhan warga Pedukuhan Lojajar, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, duduk berjejer di tepi mata air sambil mengikuti upacara adat Merti Umbul Temanten, Minggu (8/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah perempuan warga Pedukuhan Lojajar, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, menyiapkan kendi untuk tempat air yang akan mereka ambil dari Umbul Temanten seusai acara merti umbul, MInggu (8/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Pertunjukan kesenian karawitan dan tari tradisional mewarnai upacara Merti Umbul Temanten, Pedukuhan Lojajar, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Minggu (8/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Penyerahan kendi berisi air dari sumber mata air empat kiblat lima pancer di Pedukuhan Lojajar, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, untuk dituangkan ke mata airu Umbul Temanten dalam upacara merti umbul, Minggu (8/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Penampilan kesenian karawitan dan gamelan dalam upacara Merti Umbul Temanten di Pedukuhan Lojajar, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Minggu (8/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Penanaman pohon Lo atau sejenis beringin sebagai rangkaian upacara Merti Umbul Temanten, di Pedukuhan Lojajar, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Minggu (8/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah warga dan tokoh masyarakat Pedukuhan Lojajar, Sinduharjo, Ngadlik, Sleman, menyiapkan uba rampe sesaji unutk upacara Merti Umbul Temanten, Minggu (8/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang tokoh masyarakat Pedukuhan Lojajar, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman duduk di belakang meja sesaji dan pedupaan dalam rangkaian upacara Merti Umbul Temanten, Minggu (8/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Beberapa anak laki-laki warga Pedukuhan Lojajar, Sinduharjo, Ngadlik, Sleman, bermain air sambil menunggu prosesi upacara merti umbul , Minggu (8/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)

 




Sumber : Kompas TV




FOTO LAIN



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x