A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$iframe

Filename: libraries/Article_lib.php

Line Number: 238

Backtrace:

File: /var/www/html/frontendv2/application/libraries/Article_lib.php
Line: 238
Function: _error_handler

File: /var/www/html/frontendv2/application/controllers/Read.php
Line: 85
Function: gen_content_article

File: /var/www/html/frontendv2/index.php
Line: 314
Function: require_once

Tidak Hanya Segar, Berikut Segudang Manfaat Air Kelapa Untuk Tubuh

Kompas TV entertainment lifestyle

Tidak Hanya Segar, Berikut Segudang Manfaat Air Kelapa Untuk Tubuh

Kompas.tv - 26 Mei 2020, 14:19 WIB
tidak-hanya-segar-berikut-segudang-manfaat-air-kelapa-untuk-tubuh
Buah kelapa muda dan air kelapa (Sumber: Amanda Cristabel)
Penulis : Laura Elvina

(Amanda Christabel)

KOMPAS.TV - Setiap orang mendambakan tubuh yang sehat dan bugar. Olahraga sejatinya dapat meningkatkan ketahanan dan kesehatan tubuh, serta memiliki manfaat bagi psikologis manusia. Ada padanan serasi teman berolahraga yang menyegarkan dan penuh manfaat, yakni air kelapa.

Tidak hanya menghilangkan dahaga, air kelapa memiliki segudang manfaat lain bagi tubuh kita.

1. Bersifat isotonis

Dalam berolahraga, ketahanan fisik dapat menunjang proses latihan bagi tubuh untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Ketika berolahraga seringkali kapasitas ketahanan tubuh menurun, dikarenakan berkurangnya karbohidrat di dalam otot selama melakukan latihan. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi air kelapa karena kandungan dalam air kelapa terdapat derajat keasaman yang rendah, gula seimbang, kandungan mineral, dan bersifat isotonis. 

2. Mengandung elektrolit tinggi

Banyak orang beranggapan bahwa minum air mineral biasa sudah cukup untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama melakukan latihan. Namun, dengan meminum air mineral selama berolahraga akan menyebabkan hiponatremia, atau kadar natrium dalam darah yang lebih rendah dari batas normal, karena jumlah air dan natrium menjadi tidak seimbang.

Daripada beralih ke minuman olahraga yang mengandung pemanis yang dapat menyebabkan kontraksi otot, lebih baik mengonsumsi air kelapa. Sifat air kelapa alami yang isotonis dan mengandung elektrolit tinggi mampu mengembalikan cairan tubuh. Kelebihan lain dari air kelapa yaitu rasanya yang sedikit manis, sehingga dapat mengurangi rasa mual dan kembung bila dikonsumsi dalam jumlah lebih banyak.

3. Mengandung vitamin B Complex

Selain bermanfaat untuk ketahanan tubuh selama berolahraga, air kelapa juga memiliki vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9 yang juga tidak kalah pentingnya bagi tubuh. Kandungan air kelapa yang mirip cairan tubuh bahkan mampu mengatasi diare.

Bagaimana cara meningkatkan ketahanan tubuh ketika berolahraga?

Mudah saja, cukup mengonsumsi air kelapa sebelum dan selama latihan berlangsung. Air kelapa lebih mujarab khasiatnya dibanding air mineral, air gula 5%, atau minuman olahraga yang isotonis.

Penelitian air kelapa

Fen Tih, Dosen Fakultas Kedokteran, Universitas Maranatha, Bandung bersama timnya telah membuktikan hal ini dalam penelitiannya. Mereka menguji ketahanan 120 orang laki-laki bukan atlet berusia 18-23 tahun, dalam latihan lari selama 30 menit. 

“Air kelapa alami yang diambil langsung dari kelapa muda pasti lebih baik dibanding air kelapa kemasan, karena tidak melalui pengolahan yang dapat mengurangi kandungan nutrisi, dan tidak mengandung pengawet serta bahan tambahan apapun,” tutur Fen Tih.

Meskipun secara keseluruhan kandungan air kelapa sudah sangat baik, air kelapa tidak dapat menggantikan air mineral. Ginjal manusia tetap membutuhkan konsumsi H2O minimal dua liter per hari.

“Efek samping bisa dikatakan tidak ada. Penyerapan air kelapa oleh tubuh cepat dan sangat baik. Namun pada sebagian orang yang sensitif, konsumsi air kelapa berlebihan dapat menyebabkan diare dan mual. Konsumsi air kelapa terlalu banyak juga tidak dianjurkan untuk penderita gangguan ginjal kronis, karena kandungan mineral yang banyak dalam air kelapa menjadi beban untuk proses filtrasi darah di ginjal. Untuk pasien dengan diabetes mellitus yang jumlah kalori dalam dietnya diatur sesuai kebutuhan, kalori dalam air kelapa juga harus dihitung, tidak boleh berlebihan.” Fen Tih mengatakan tentang efek dari air kelapa.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Opini

Anima Mundi

8 Juli 2024, 23:00 WIB

Close Ads x