Kompas TV entertainment lifestyle

Aktif Bagikan Tips-tips Videografi di TikTok, Alif Prasetya Ubah Hobi Jadi Profesi

Kompas.tv - 4 Januari 2022, 11:48 WIB
aktif-bagikan-tips-tips-videografi-di-tiktok-alif-prasetya-ubah-hobi-jadi-profesi
Muhammad Alif Prasetya (alifprst_), kreator tips fotografi dan videografi di platform TikTok (Sumber: Dok. pribadi (TikTok))
Penulis : Gempita Surya | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Peminat konten visual semakin tinggi seiring maraknya platform berbasis foto dan video. Tips seputar fotografi dan videografi jadi salah satu tren konten yang dicari masyarakat.

Peluang ini lantas dimanfaatkan oleh Muhammad Alif Prasetya, pemilik username akun TikTok alifprst_. Ia menggunakan platformnya untuk membahas tentang tips fotografi dan videografi, khususnya untuk konten video produk.

“Jadi sebenernya saya itu udah passion di bidang videografi ini sejak 3 tahun yang lalu, dan udah mulai mendalami secara intens. Dan di tahun 2021 ini udah mulai terjun ke dunia profesional, dan tertarik untuk ngelanjutin, menyalurkan passion gitu,” ujar Alif.

Tunjukkan proses pembuatan konten

Mahasiswa jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya ini telah membuat video untuk berbagai macam produk mulai dari makanan hingga produk kecantikan. Alif juga menjelaskan alasannya memilih TikTok sebagai platform untuk berbagi tips seputar videografi.

Baca Juga: Pedro Setiabudi Akui Konten TikTok "Fakta Menarik" Punya Daya Magis

“Sebenernya aku udah ngelirik TikTok dari tahun 2020, aku riset dulu sampai setahun, akhirnya aku mutusin buat bikin konten di TikTok itu mulai Juni 2021 karena aku berpikir kalau misalnya TikTok itu peluang untuk viralnya lebih gede karena algoritmanya lebih trendi untuk pemula,” ujarnya.

Menariknya, Alif selalu mengunggah videonya menjadi 2 bagian, salah satunya dengan menyertakan behind the scene atau proses dibalik pembuatan setiap karyanya.

“Biar ada ceritanya gitu jadi dibikin dua part, biar orang-orang itu penasaran. Yang video pertama itu biasanya aku nunjukkin behind the scene-nya, baru next post itu hasilnya,” terang Alif saat bercerita kepada KOMPAS TV, Selasa (28/12/2021).

Cuek dengan komentar negatif

Alif menjelaskan proses pembuatan tiap konten mulai dari persiapan hingga tahap akhir memakan waktu kurang lebih 10 jam, dan dalam seminggu ia bisa mengunggah 2-3 video.

Baginya, salah satu hal terpenting dalam berkarya adalah dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi orang lain. Meski begitu, ia juga beberapa kali mendapatkan komentar negatif.

Baca Juga: Irene Suwandi, Ngehits di TikTok dengan Konten Tutorial Gambar

Namun, mahasiswa berusia 21 tahun ini mengaku tidak ambil pusing dan cuek dengan komentar negatif.

“Sebagai konten kreator, ketika bikin konten mesti ada aja yang nggak suka sama kita. Karena kita nggak bisa nyenengin semua orang gitu. Kalau misalkan ada komen hate itu aku ya biasa aja gitu, malah biasanya aku jadiin konten,” paparnya.

Atas karya-karyanya ini, akun TikTok miliknya sudah berhasil meraih lebih dari 200 ribu pengikut dalam waktu 6 bulan. Ia juga mendapatkan tawaran dari sejumlah brand untuk bekerja sama.

Ke depannya, ia berharap agar akunnya dapat bertumbuh pesat mencapai 1 juta followers di tahun 2022, dan semakin konsisten dalam berkarya.

Baca Juga: Aktif Beri Hiburan Bernilai Edukasi di TikTok, Dokter Kevin Mak Curi Perhatian

Alif merupakan salah satu dari 10 pemenang kompetisi #TauGaSih yang digelar TikTok sebagai perwujudan komitmen TikTok dalam menghadirkan kesempatan yang sama untuk belajar dan saling memberikan inspirasi.

Adapun kategori konten edukatif yang dilombakan dalam kompetisi #TauGaSih meliputi seputar sains dan eksperimen, fotografi dan videografi, DIY, seni, keuangan dan bisnis, kesehatan, pembelajaran sekolah, fun facts, motivasi, dan informasi berita.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Opini

Anima Mundi

8 Juli 2024, 23:00 WIB

Close Ads x