Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jadi Andalan selain Angkutan Penumpang, Bisnis Kargo Garuda Indonesia Naik 40,6%

Kompas.tv - 20 Juli 2024, 01:30 WIB
jadi-andalan-selain-angkutan-penumpang-bisnis-kargo-garuda-indonesia-naik-40-6
Garuda Indonesia mencatatkan pertumbuhan angkutan kargo sebesar 40,6% pada kuartal I (Q1-2024) jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2023. (Sumber: Garuda Indonesia )
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV- Garuda Indonesia mencatatkan pertumbuhan angkutan kargo sebesar 33.000 ton, naik 40,6% pada kuartal I (Q1-2024) jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2023. 

Selama periode Q1-2024 tersebut, Garuda Indonesia mencatatkan pertumbuhan angkutan kargo internasional sebesar 45,38% dibandingkan dengan Q1-2023. Dimana selama Q1-2024 ini perusahaan mengangkut sedikitnya 14.000 ton angkutan kargo.

Sementara itu untuk sektor domestik, juga turut mencatatkan pertumbuhan sedikitnya 27,63% menjadi 19.000 ton angkutan kargo jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2023. 

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, pihaknya terus memaksimalkan langkah optimalisasi berbagai lini komersial, termasuk lini bisnis kargo yang telah menujukkan tren positif sejak akhir 2023 lalu.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat RI Termahal Kedua Setelah Brasil, Ini Jurus Luhut Menurunkannya

“Lini bisnis kargo, khususnya kargo internasional, menjadi salah satu fokus pengembangan bisnis yang saat ini tengah kami optimalkan melalui berbagai insiasi strategis dalam mendukung optimalisasi akselerasi kinerja usaha Garuda Indonesia," kata Irfan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Jumat (19/7/2024). 

"Khususnya dengan memaksimalkan demand yang tinggi atas layanan transportasi kargo udara baik untuk berbagai jenis komoditas unggulan menuju Indonesia,” tambahnya. 

Irfan menerangkan, ada sejumlah upaya yang dilakukan Garuda untuk meningkatkan trafik angkutan kargo. 

Di antaranya melalui peningkatan kerja sama interline dengan maskapai global untuk pengiriman kargo dari dan ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia dan Amsterdam. 

Baca Juga: Anggota GarudaMiles dan KrisFlyer Singapore Airlines Kini Bisa Tukar Mileage Dapat Tiket Pesawat

Melalui optimalisasi kerjasama interline ini, diharapkan Garuda Indonesia akan dapat mengangkut tambahan isian kargo yang dapat mencapai hingga 70-100 ton setiap bulannya. 

Adapun selama periode Q1-2024 ini, melalui kerja sama interline dengan berbagai mitra airline strategis, Garuda Indonesia telah mengangkut sedikitnya 2.325 ton angkutan kargo yang terdiri dari berbagai komoditas seperti General cargo, Meat, dan Live Animal. 

Jumlah tersebut merupakan 16% dari total seluruh angkutan kargo internasional Garuda Indonesia selama periode Januari – Maret 2024.

“Dengan jumlah tersebut, pengembangan lini bisnis kargo khususnya untuk pangsa pasar internasional akan terus kami akselerasikan untuk tidak hanya mengoptimalkan kinerja usaha namun juga memaksimalkan dukungan kami terhadap upaya mendukung pertumbuhan berbagai produk unggulan nasional,” tutup Irfan.


 

 




Sumber :




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x