Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jelang G20 Showcase, Kereta Inspeksi Akhirnya Jajal Rel Kereta Cepat Jakarta Bandung

Kompas.tv - 12 November 2022, 11:15 WIB
jelang-g20-showcase-kereta-inspeksi-akhirnya-jajal-rel-kereta-cepat-jakarta-bandung
Foto ilustrasi Kereta Cepat Jakarta Bandung. Kereta inspeksi melaju di atas rel untuk pertama kalinya sebagai persiapan uji dinamis untuk G20 Showcase (Sumber: PT KCIC)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kereta inspeksi Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akhirnya pertama kali menjajal rel kereta cepat pada Kamis (10/11/2022) lalu.

GM Corporate Secretary PT KCIC Rahadian Ratry menuturkan, pada persiapan uji dinamis, rangkaian kereta inspeksi KCJB itu melaju hingga DK126 atau Casting Yard 4 dengan kecepatan terbatas.

“Dalam persiapan uji dinamis ini dilakukan uji akselerasi hingga kecepatan 80 km per jam. Persiapan uji dinamis ini akan terus kami lakukan agar semuanya berjalan lancar saat G20 Showcase," papar Rahadian dalam keterangan di situs resminya, Jumat (11/11/2022).

Pada persiapan uji dinamis tersebut, sistem kelistrikan sudah menyala. Selain itu dilakukan juga uji gerak, sistem pengereman pada kereta inspeksi hingga pengujian persinyalan.

Baca Juga: Dirut KCIC Akui Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Baru Balik Modal Setelah 38 Tahun

"Kereta inspeksi ini adalah kereta yang akan digunakan pada uji dinamis dan hari ini merupakan hari perdana melaju di atas rel," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, uji dinamis rangkaian kereta inspeksi KCJB menjadi bagian dalam G20 Showcase pada 16 November mendatang.


 

Proses uji dinamis ini akan disaksikan oleh Presiden RI, Joko Widodo dan Presiden Tiongkok Xi Jinping melalui telekonferensi.

Selain melihat proses uji dinamis, kedua kepala negara tersebut juga akan menyaksikan kecanggihan teknologi kereta inspeksi KCJB.

Proses uji dinamis ini akan dilakukan sepanjang 15 km dari Stasiun Tegalluar menuju Casting Yard 4 di daerah Kopo, Kota Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Sudah Hadapi Sejumlah Masalah, Luhut Yakinkan Proyek Kereta Cepat Selesai Pertengahan 2023

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x