Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Dewan Uni Eropa Rekomendasikan AS Dikeluarkan dari Daftar Aman Covid-19

Kompas.tv - 31 Agustus 2021, 09:46 WIB
dewan-uni-eropa-rekomendasikan-as-dikeluarkan-dari-daftar-aman-covid-19
Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell berbicara kepada media sebelum pertemuan para Menteri Luar Negeri Eropa, di markas besar Dewan Eropa di Brussel, Senin, 22 Maret 2021. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

BRUSSELS, KOMPAS.TV - Dewan Uni Eropa (UE) merekomendasikan kepada negara-negara anggota Uni Eropa untuk memberlakukan kembali pembatasan terhadap wisatawan dari Amerika Serikat pada Senin (30/8/2021). Keputusan tersebut karena mempertimbangkan lonjakan kasus Covid-19 di negara AS.

Keputusan tersebut diumumkan Dewan melalui sebuah pernyataan yang menggantikan keputusan mereka pada bulan Juni. Saat itu, Uni Eropa menempatkan AS pada daftar perjalanan yang aman sebagai tempat liburan musim panas.

Dalam seminggu terakhir, AS melaporkan 977.947 kasus Covid-19 dan 7.394 kematian, kondisi paling parah di dunia, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Selain AS, Dewan UE juga mengeluarkan Israel, Lebanon, Montenegro, Makedonia Utara, dan Kosovo dari daftar negara dan wilayah yang aman untuk perjalanan yang tidak mendesak.

Rekomendasi tersebut tidak mengikat, tetapi wisatawan dari negara dan wilayah tersebut akan mengalami pengawasan dan pembatasan lebih ketat ketika mereka melakukan perjalanan ke UE, termasuk wajib menjalani karantina.

Baca Juga: Kepala Kebijakan LN Uni Eropa: Tragedi Evakuasi Kabul Bikin Uni Eropa Perlu Pasukan Reaksi Cepat

"Ini tidak mengurangi kemungkinan bagi negara-negara anggota untuk mencabut pembatasan sementara pada perjalanan tidak penting ke UE untuk wisatawan yang divaksinasi penuh," kata Dewan.

Kriteria UE untuk menentukan negara ketiga yang pembatasan perjalanannya harus dicabut mencakup situasi epidemiologis dan respon keseluruhan terhadap Covid-19, serta keandalan informasi dan sumber data yang tersedia.

Pada daftar perjalanan aman terbaru terdapat Albania, Armenia, Australia, Azerbaijan, Bosnia dan Hercegovina, Brunei Darussalam, Kanada, Jepang, Yordania, Selandia Baru, Qatar, Moldova, Arab Saudi, Serbia, Singapura, Korea Selatan, Ukraina, dan China.

Baca Juga: Inggris Akan Desak Amerika Serikat Perpanjang Batas Waktu Evakuasi dari Bandara Kabul di KTT G7

 




Sumber : Kompas TV/Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x