> >

Epidemiolog UGM Sebut Masker dan Vaksin Lebih Penting daripada Tes PCR

Update | 31 Oktober 2021, 16:54 WIB
Ilustrasi pemeriksaan Covid-19 dengan tes PCR. Penggunaan masker, vaksin, dan sirkulasi udara yang baik pada perjalanan domestik lebih penting daripada tes polymerase chain reaction (PCR). (Sumber: Kompastv/Ant)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Penggunaan masker, vaksin, dan sirkulasi udara yang baik pada perjalanan domestik lebih penting daripada tes polymerase chain reaction (PCR).

Hal itu disampaikan oleh epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM), dr Bayu Satria Wiratama, seperti dilansir laman resmi UGM, 26 Oktober 2021.

“Jadi, tidak perlu dengan PCR. Belum lagi nanti ada permainan surat antigen atau PCR palsu yang hanya akan menguntungkan finansial para pembuat suratnya. Sekali lagi paling penting di perjalanan domestik itu masker, vaksin dan sirkulasi udara yang baik serta bisa jaga jarak," paparnya.

Baca Juga: Kemenkes akan Tindak Tegas RS dan Lab yang Tidak Ikuti Aturan Baru Tarif RT-PCR

Epidemiolog UGM tersebut juga mengaku sejak awal tidak setuju penggunaan antigen atau PCR sebagai syarat perjalanan menggunakan moda transportasi apa pun.

Dia berpendapat, penggunaan antigen/PCR tidak efektif jika hanya digunakan satu kali pemeriksaan tanpa indikasi apa pun, misalnya indikasi kontak erat.

Dia bahkan menyebut penggunaan tes PCR sebagai syarat perjalanan tersebut adalah langkah yang sia-sia.

“Jadi, bagi saya itu langkah sia-sia dan selama ini satgas tidak pernah juga melakukan evaluasi atau studi untuk membuktikan bahwa penggunaan antigen/PCR itu efektif mencegah penularan lintas daerah," lanjut dokter Bayu seperti dikutip KOMPAS TV, Minggu (31/10/2021).

Dia juga menyebut bahwa kebijakan semacam ini tidak ditemui di negara lain untuk perjalanan domestik di dalam negeri.

Dia berpendapat, hasil PCR/antigen negatif tidak menjamin seseorang tidak sedang terinfeksi. Terlebih pemeriksaan hanya dilakukan sekali tanpa indikasi dinilai lemah efektivitasnya.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Gading-Persada

Sumber : ugm.ac.id


TERBARU





A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'newrelic.so' (tried: /usr/lib64/php/modules/newrelic.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so: cannot open shared object file: No such file or directory), /usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: