> >

Prajurit AS Membelot ke Korea Utara Usai Kabur dari Tahanan Militer, Tertawa saat Lewati Perbatasan

Kompas dunia | 20 Juli 2023, 08:14 WIB
Zona demiliterisasi (DMZ) yang merupakan perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara, Prajurit AS, Travis King, membelot dan kabur ke Korea Utara setelah melarikan diri dari tahanan militer, Selasa (18/7/2023). (Sumber: AP Photo/Sarah Jane Leslie)

SEOUL, KOMPAS.TV - Prajurit Amerika Serikat (AS) membelot ke Korea Utara setelah dirinya kabur dari tahanan militer di Korea Seatan.

Ia dilaporkan tertawa saat melewati perbatasan Korea Selatan ke Korea Utara, Selasa (18/7/2023).

AS dan Korea Selatan mengidentifikasi prajurit tersebut sebagai Prajurit Dua, Travis King, 23 tahun.

King ditahan oleh petugas Korea Selatan di Bandara Incheon, dan saat dalam proses diusir ketika akhirnya melarikan diri.

Baca Juga: Eks Kepala Intelijen Venezuela Diekstradisi ke AS dari Spanyol, Bakal Didakwa Perdagangan Narkoba

Setelah melewati keamanan bandara, ia kemudian bergabung dengan kelompok tur ke desa perbatasan Panmunjom, tempat wisata populer di zona demiliterisasi (DMZ) sepanjang 248km.

Dilansir dari The Guardian, Kamis (20/7/2023), peserta tur mengatakan kepada CBS News, bahwa King, yang dilaporkan menggunakan baju warga sipil, tertawa keras “ha ha ha”, dan hanya berjalan di antara beberapa bangunan.

Pejabat Pentagon mengatakan bahwa Keamanan Komando PBB, yang telah mengawal rombongan tur tersebut mengejar King, tetapi gagal menangkapnya.

Laksamana John Aquilino, Kepala Komando Indo-Pasifik AS, membenarkan bahwa seorang tentara swasta berlari melintasi DMZ di area keamanan pertama.

“Ia dijemput oleh orang Korea Utara,” kata Aquilino.

Penulis : Haryo Jati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : The Guardian


TERBARU