Kompas TV advertorial
advertorial

Optimalkan Profit Bisnis Anda di Era Implementasi CTAS Lewat Jasa Konsultan Pajak

Kompas.tv - 5 Agustus 2024, 16:00 WIB
optimalkan-profit-bisnis-anda-di-era-implementasi-ctas-lewat-jasa-konsultan-pajak
Salah satu konsultan pajak profesional yang dapat membantu pengusaha terkait perpajakan adalah PT Radja Adji Perkasa. (Sumber: Dok. PT Radja Adji Perkasa)

KOMPAS.TV – Meskipun pengelolaan bisnis pada umumnya berkutat pada penjualan produk atau jasa, sebagai pebisnis Anda perlu memahami dan mematuhi regulasi perpajakan. Namun, masih banyak pengusaha mengalami kesulitan mengikuti dan memahami regulasi pajak. 

Pasalnya, aturan terkait perpajakan cukup kompleks dan terus berkembang sehingga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Salah satu regulasi terbaru terkait perpajakan adalah pengimplementasian Sistem Inti Administrasi Perpajakan (SIAP) atau Core Tax Administration System (CTAS) oleh Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sejak Juli 2024.

Sistem CTAS diterapkan sebagai salah satu upaya reformasi pajak dalam hal administrasi perpajakan.

CTAS akan mengintegrasikan seluruh proses bisnis perpajakan ke dalam satu sistem terpusat, mulai dari pendaftaran NPWP, pelaporan SPT, pembayaran pajak, hingga pemeriksaan pajak. Dengan demikian, semua data perpajakan akan terhubung dan dapat diakses secara real-time.

Dengan sistem ini, layanan perpajakan diharapkan menjadi lebih modern, efisien, dan akuntabel. Kepatuhan wajib pajak dan penguatan basis data perpajakan juga dapat meningkat.

Manfaat CTAS bagi Pengusaha

Dari sisi pengusaha, implementasi CTAS akan membawa sejumlah manfaat. Pertama, pengusaha dapat memastikan bahwa bisnis mereka selalu mematuhi regulasi perpajakan yang kompleks dan sering berubah.

Kedua, efisiensi pajak. Dengan perencanaan yang tepat, pengusaha dapat mengurangi beban pajak dan memaksimalkan keuntungan bisnis.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x