Kompas TV advertorial
advertorial

Photographic Society of America Worldwide (PSA) Gelar PSA Photo Gathering 2024 di Indonesia

Kompas.tv - 2 Agustus 2024, 18:00 WIB
photographic-society-of-america-worldwide-psa-gelar-psa-photo-gathering-2024-di-indonesia
Photographic Society of America Worldwide (PSA), sebuah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 1934 di Amerika dan berpusat di Oklahoma City, akan mengadakan PSA Photo Gathering (PSA-PG) 2024 di Indonesia. (Sumber: Dok. Photographic Society of America Worldwide (PSA))
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Photographic Society of America Worldwide (PSA), sebuah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 1934 di Amerika dan berpusat di Oklahoma City, akan mengadakan PSA Photo Gathering (PSA-PG) 2024 di Indonesia.

Acara ini merupakan upaya PSA untuk memperluas jangkauan kegiatan fotografi internasional, setelah sukses mengadakan PSA-PG 2023 yang pertama di Jaisalmer, India.

PSA adalah salah satu organisasi fotografi dunia terbesar yang terbuka untuk semua kalangan fotografer, mulai dari pemula, amatir hingga profesional.

Fotografer terkenal dunia seperti Ansel Adams adalah salah satu anggotanya. Setiap tahunnya, PSA menyelenggarakan Konferensi Fotografi Dunia di Amerika Serikat dengan lokasi yang berbeda-beda. Tahun 2024 adalah penyelenggaraan yang ke-85 dan diadakan di Tucson, Amerika Serikat.

Mengingat pentingnya memperluas cakupan kegiatan internasional, PSA memutuskan untuk mengadakan acara fotografi di luar Amerika, dengan mengadakan Photo Gathering di luar Amerika.

Agatha Bunanta, sebagai International Relationships Vice President PSA dan Anggota Dewan Pengurus PSA, adalah inisiator dari PSA Photo Gathering dan Pameran International PSA, memutuskan PSA-PG yang kedua tahun 2024 dilaksanakan di Indonesia.

PSA Photo Gathering (PSA-PG) 2024

PSA-PG 2024 diselenggarakan di Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Art Photography of Indonesia (API) dan Yayasan Himpunan Seni Foto Amatir Yogyakarta (HISFA) yang keduanya merupakan anggota PSA.

API adalah organisasi nirlaba berbasis di Jakarta yang didirikan oleh fotografer antusias yang berdedikasi pada kegiatan sosial dan kemanusiaan melalui fotografi tahun 2015.

HISFA adalah komunitas fotografi seni yang telah berdiri sejak tahun 1954, berbasis di Yogyakarta dan sekitarnya. Kegiatan nirlaba ini dikelola oleh para relawan dari kedua organisasi tersebut.

Acara ini juga didukung oleh Federasi Perkumpulan Senifoto Indonesia (FPSI). PSA-PG 2024 berlangsung pada 22 Juli 2024 sampai 29 Juli 2024 (8 hari 7 malam) di empat lokasi: Yogyakarta, Magelang, Solo, dan Probolinggo, termasuk kawasan Gunung Bromo.

Kegiatan ini akan diikuti oleh 222 fotografer dunia dari 22 negara, termasuk fotografer terkenal di negara masing masing, pemenang kompetisi fotografi dunia, dan fotografer yang aktif di media sosial.

Negara-negara dan daerah yang akan berpartisipasi meliputi Amerika Serikat, Kanada, Tiongkok, Jerman, Australia, Mesir, Sri Lanka, India, Saudi Arabia, Oman, Vietnam, Taiwan, Singapura, Hongkong, Italia, Bangladesh, Filipina, Siprus, Malta, Spanyol, Indonesia, Inggris, dan Selandia Baru.

Sukarelawan dan Fotografer handal dari Indonesia juga akan turut serta mendampingi para tamu tamu tersebut selama acara berlangsung.

Pembukaan dan Pameran Fotografi Internasional

Acara akan diawali dengan pembukaan pameran fotografi internasional di Galeri R.J. Katamsi, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, yang berlangsung dari tanggal 21 Juli hingga 12 Agustus 2024.

Pameran dibuka oleh Rektor ISI Yogyakarta, Dr. Irwandi bersama Presiden PSA, JR Schnelzer, pada 23 Juli 2024 pukul 9 pagi.

Pameran ini merupakan kolaborasi antara PSA dan Art Photography of Indonesia dengan Fakultas Seni Media Rekam, ISI Yogyakarta dengan tema "My Homeland".

Pameran yang menampilkan 262 foto akan diikuti oleh 203 anggota PSA dari 52 negara serta 46 dosen dan mahasiswa ISI Yogyakarta.

Pameran “My Homeland” ini adalah pameran PSA kedua yang bekerja sama dengan ISI-Yogyakarta (Pameran PSA-ISI pertama bertajuk “Borderless” diadakan tahun 2021).

Dalam Pameran “My Homeland”, para fotografer memperkenalkan tanah air mereka dengan memberikan informasi, pendidikan dan komunikasi visual dari berbagai budaya dan kesenian di negaranya.

Pameran kali ini menjadi unik dan istimewa dimana sebagian besar peserta pameran yaitu 147 anggota PSA dari 22 negara (yang juga peserta PSA-PG), hadir langsung menyaksikan pembukaan pameran tanggal 23 Juli 2024.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x