Kompas TV advertorial

Pentingnya Memilih Tinta Cetak Kemasan Pangan yang Aman

Kompas.tv - 17 Mei 2022, 09:00 WIB
pentingnya-memilih-tinta-cetak-kemasan-pangan-yang-aman
Food packaging safety awareness (Sumber: Dok. Siegwerk)
Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kemasan berperan penting dalam melindungi pangan dari kontaminasi bahan luar. Umumnya, kemasan pangan mengandung tinta cetak dengan formulasi bervariasi.

Namun, pemilihan bahan baku serta formulasi tinta cetak yang tidak sesuai dapat menghasilkan kontaminasi berupa bau dan bahan kimia terhadap pangan.

Hingga saat ini, terdapat beberapa kasus skandal pangan yang menyebabkan penarikan produk dari pasar, kerugian finansial, dan kerusakan nama dari merek dagang.

Insiden historis seperti ditemukannya kandungan Isopropil tioxantone (ITX) pada susu bayi atau benzofenon dan mineral oil pada sereal menunjukkan zat berbahaya dapat bermigrasi dari kemasan ke dalam pangan dalam kondisi yang berbeda-beda.

Baca Juga: Segera Lakukan Ini supaya Cepat Sembuh dari Keracunan Makanan

Kesadaran masyarakat akan migrasi bahan tinta melalui kemasan ke dalam pangan semakin meningkat. Migrasi bahan tersebut dapat terjadi lewat mekanisme yang berbeda-beda, seperti berikut ini.

1. Migrasi Set-off

Migrasi ini ditandai adanya perpindahan tinta dari sisi belakang kemasan dari substrat (rol, tumpukan, dan lainnya). Selanjutnya, sisi ini akan kontak langsung dengan pangan.

2. Migrasi Difusi

Migrasi ini terjadi saat bahan pada tinta menembus bahan kemasan ke dalam pangan. Migrasi difusi dapat juga terjadi secara perpindahan gas. Bahkan, bahan kaku seperti botol PE (polyethylene) tidak selalu menjadi penghalang yang cukup terhadap kemungkinan migrasi.

3. Migrasi Fase Gas

Migran juga dapat bermigrasi dari cardboard (releasing reservoir) melalui fase gas di dalam kemasan dan akhirnya ke pangan (recipient reservoir). Contohnya adalah mineral oil atau kontaminasi lingkungan.

Ilustrasi tiga proses migrasi bahan tinta ke kemasan pangan (Sumber: Dok. Siegwerk)

Animasi singkat mengenai migrasi bahan ini dapat dilihat melalui video dengan “sign up/login” di website Siegwerk.

Bagaimana peraturan tentang kemasan pangan?

Eropa memiliki kerangka legal (Framework Regulation 1935/2004) untuk keamanan dari bahan kontak pangan atau Food Contact Material (FCM). Pasal 3 dari peraturan ini menyatakan FCM tidak boleh melepaskan zat di dalamnya ke pangan hingga mencapai tingkat:

  • Dapat membayakan kesehatan manusia;
  • Menimbulkan perubahan yang tidak dapat diterima pada komposisi pangan;
  • Menimbulkan penurunan pada karakteristik organoleptik

Peraturan tersebut memberikan pendekatan seragam pada semua pemangku kepentingan rantai pasokan kemasan, termasuk produsen tinta kemasan. Tujuannya menghasilkan komponen kemasan yang aman sehingga memastikan komponen tersebut tidak membahayakan kesehatan konsumen.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x