Kompas TV video vod

Indonesia-Africa Forum 2024 di Bali, Fokuskan Kerja Sama Ekonomi

Kompas.tv - 2 September 2024, 11:34 WIB
Penulis : Pompe Sinulingga

KOMPAS.TV - Perhelatan Indonesia Africa Forum (IAF) ke-2 fokus pada kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan antara Indonesia dan negara-negara Afrika.

Acara ini, yang dirangkaikan dengan forum tingkat tinggi tentang kemitraan multi-pemangku kepentingan, akan membahas diskusi konstruktif dan menggali potensi kerja sama, terutama di bidang ekonomi.

Perhelatan yang digelar di Bali ini juga dimanfaatkan untuk bertukar pengalaman dan praktik terbaik, terutama dalam pengelolaan sumber daya alam, kerja sama ekonomi bilateral dan regional, serta penguatan kapasitas sumber daya manusia.

Abdulkadir Jailani, Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, menjelaskan bahwa dalam IAF ke-2 ini akan ada berbagai kesepakatan dan diskusi, termasuk penandatanganan MoU EMP dan GUMA, pertemuan Konsul Kehormatan Indonesia di kawasan Afrika, workshop "Downstreaming Mining with Value Added Indonesia-Africa," diskusi panel Tony Blair Institute tentang AfCFTA, dan penandatanganan beberapa MoU dengan nilai total diperkirakan mencapai 3,5 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar 5,9 triliun rupiah.

IAF ke-2 di Bali ini akan memperkuat kolaborasi di empat sektor prioritas: ketahanan pangan, ketahanan energi, ketahanan kesehatan, dan ketahanan mineral.

#iaf

Baca Juga: Prabowo Puji Jokowi di Rapimnas Gerindra: Menteri Pilihan Jokowi Orang-Orang Hebat

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x