Kompas TV video vod

Jerman Kirim Menlunya ke Ukraina, Usai Presiden Jerman Ditolak Datang ke Kyiv

Kompas.tv - 7 Mei 2022, 12:08 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa dia mengundang presiden dan kanselir Jerman untuk mengunjungi Ukraina pada 9 Mei.

Hari tersebut adalah momen Rusia menandai kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

“Omong-omong tentang (Kanselir Jerman) Olaf Scholz, saya pikir pada Kanselir Scholz untuknya kita perlu ... dia diundang, undangan terbuka. Sudah untuk beberapa waktu sekarang. Dia diundang untuk datang ke Ukraina. Dia bisa membuat langkah politik yang sangat kuat ini untuk datang ke sini pada tanggal 9 Mei ke Kyiv.”kata Volodymyr Zelensky. 

Baca Juga: Pecah! Rusia Gempur Pabrik Baja Mariupol, Ukraina

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan Menteri Luar Negeri Jerman akan segera melakukan kunjungan resmi ke Ukraina, setelah kedua negara menyelesaikan perselisihan diplomatik Kamis (5/5/2022). 

“Saya melakukan diskusi yang sangat rinci dengan presiden (Steinmeier) sebelum dan sesudah pertemuan. Dan hasil dari percakapan itu adalah bahwa pihak Asing Menteri akan segera mengunjungi Ukraina,”jelas Olaf.

Sebelumnya Pemerintah Jerman telah bertikai dengan duta besar Ukraina di Berlin setelah Kyiv tampaknya menolak tawaran kunjungan oleh presiden Jerman.

Video Editor: Firmansyah
 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x