Kompas TV saintek teknologi

Kemenkes RI Bakal Pakai Teknologi AI Portable X-ray untuk Basmi Tuberkulosis

Kompas.tv - 26 Agustus 2024, 18:38 WIB
kemenkes-ri-bakal-pakai-teknologi-ai-portable-x-ray-untuk-basmi-tuberkulosis
Perayaan Simbolik TOSS TB - Teiichi Goto, President, Representative Director & Chief Executive Officer FUJIFILM Holdings Corporation, Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Ambassador Masaki, Japan Ambassador for the Republic of Indonesia (Sumber: Dok Pribadi)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Teiichi Goto, CEO FUJIFILM Holdings Corporation yang merupakan induk usaha dari PT FUJIFILM Indonesia bersama dengan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengadakan Nota Kesepahaman (MoU) antara PT FUJIFILM Indonesia dan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Rabu (21/8/2024), di Jakarta.

Menteri Kesehatan turut menjadi saksi penandatanganan MoU yang dilakukan oleh Direktur Jenderal P2P, dr. Yudhi Pramono, MARS, dan Masato Yamamoto, Presiden Direktur PT FUJIFILM Indonesia, dengan dihadiri oleh perwakilan dari kedua belah pihak.

Kemitraan strategis ini untuk memperkuat komitmen kedua belah pihak dalam upaya mengeliminasi tuberkulosis (TB) di Indonesia.  

Dalam kesempatan itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menekankan pentingnya penanganan TB di Indonesia.

Baca Juga: 7 Tips Cegah Bau Mulut saat Puasa Ramadan menurut Dokter Gigi UGM

Diperkirakan satu juta orang Indonesia terinfeksi tuberkulosis setiap tahun, namun hanya 820.000 kasus yang berhasil dideteksi akibat keterbatasan kemampuan deteksi.  

"Kita perlu melakukan skrining secara masif dan meningkatkan angka pelaporan untuk mengidentifikasi lebih banyak kasus dengan cepat. Kami berharap kolaborasi dengan Fujifilm ini dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Target kami tahun ini adalah meningkatkan temuan kasus dini hingga 900.000 kasus," tambah Menteri Budi, dalam siaran pers yang diterima Kompas.tv

Sejalan dengan visi ini, FUJIFILM Corporation kembali menegaskan komitmennya untuk mendukung upaya eliminasi TB. Dalam acara tersebut, Teiichi Goto, CEO FUJIFILM Holdings Corporation mengatakan tuberkulosis tetap menjadi masalah kesehatan global yang serius dan FUJIFILM Group telah membuat kemajuan dalam memberantas tuberkulosis secara global dengan teknologi.  

“Melihat risiko serius yang ditimbulkan oleh TB terhadap masyarakat Indonesia, kami berkomitmen untuk memerangi peningkatan kasus penyakit ini dengan memperluas akses terhadap solusi medis berkualitas tinggi. Fokus kami adalah meningkatkan akses pada layanan medis canggih, khususnya solusi pencitraan untuk deteksi dini penyakit,” ujar Goto. 

Menurut dia, kemitraan dengan pemerintah Indonesia yang diresmikan hari ini bersifat komprehensif. Kemitraan ini berfokus pada peningkatan pendidikan kesehatan dan pemanfaatan teknologi untuk mendukung digitalisasi dalam upaya melawan tuberkulosis. FUJIFILM Group berkomitmen penuh terhadap inisiatif ini. 

“Bidang kesehatan telah menjadi prioritas utama kami, seperti yang tercantum dalam rencana tanggung jawab sosial perusahaan kami hingga tahun 2030. Kami berfokus pada peningkatan akses terhadap layanan medis dan memungkinkan deteksi dini penyakit melalui teknologi canggih dan unik  yang kami miliki,” tambahnya. 

Sebagai bagian dari komitmen global ini, PT FUJIFILM Indonesia mengambil langkah nyata untuk  mendukung upaya eliminasi TB di Indonesia.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x