Kompas TV religi beranda islami

Kapan Jadwal Puasa Nisfu Syaban? Simak Begini Tata Cara dan Niatnya

Kompas.tv - 21 Februari 2024, 20:00 WIB
kapan-jadwal-puasa-nisfu-syaban-simak-begini-tata-cara-dan-niatnya
Amalan malam Nisfu Syaban 2024 yang jatuh pada Sabtu (24/2/2024) setelah waktu magrib. (Sumber: MTV Lebanon)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Syaban, bulan kedelapan dalam kalender Hijriah, memiliki makna mendalam bagi umat Islam sebagai persiapan menuju bulan suci Ramadan. Di tengah bulan Syaban terdapat sebuah momen istimewa yang disebut Nisfu Syaban, yaitu pertengahan bulan atau tanggal 15 yang dipercaya penuh dengan berkah dan sebagai malam pengampunan.

Pada Nisfu Syaban, banyak umat Islam yang melaksanakan ibadah sunah, termasuk puasa. Keyakinan akan keutamaan malam ini telah diperkuat oleh riwayat hadis dari Ali bin Abi Thalib, yang menyampaikan sabda Rasulullah SAW, "Jika datang malam Nisfu Syaban, salatlah dan puasalah pada siang harinya karena Allah akan menurunkan ampunannya di malam itu, mulai dari terbenamnya matahari hingga pagi hari."

Selain itu, Rasulullah juga menganjurkan untuk memperbanyak puasa sunah di bulan Syaban, seperti yang tercatat dalam hadis riwayat ‘Aisyah. Hal ini menjadikan bulan ini sebagai waktu yang sangat dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tentunya, pertanyaan tentang kapan pelaksanaan puasa Nisfu Syaban 2024 menjadi perhatian bagi umat Islam. Menurut kalender Islam Kementerian Agama (Kemenag), puasa Nisfu Syaban 2024 akan dilaksanakan pada Minggu, 25 Februari 2024. Sementara malam Nisfu Syaban 2024 akan terjadi antara Sabtu, 24 Februari 2024 hingga Minggu, 25 Februari 2024.

Dengan kesadaran akan keistimewaan bulan Syaban dan momen Nisfu Syaban, diharapkan umat Islam dapat memanfaatkannya sebagai ajang untuk memperbaiki diri, memperbanyak ibadah, serta memperkuat ikatan spiritual dengan Allah SWT.

Baca Juga: Kemenag akan Pantau Hilal 1 Ramadan 1445 H dari 134 Titik di Seluruh Indonesia, Ada di Mana Saja?

Lantas, kapan puasa Nisfu Syaban 2024?

Menurut kalender Islam Kemenag, puasa Nisfu Syaban 2024 akan dilaksanakan pada Minggu, 25 Februari 2024.

Adapun malam Nisfu Syaban 2024 akan terjadi antara Sabtu, 24 Februari 2024 hingga Minggu, 25 Februari 2024

Melansir NU Online, Senin (19/2), puasa Nisfu Syaban 2024 hanya 1 hari yakni pada tanggal 15 Syaban 1445 hijriah atau Minggu, 25 Februari 2024.

Namun setelah Nisfu Syaban, umat Islam boleh mengerjakan puasa sunah lain seperti puasa Senin dan Kamis, puasa ayyamul bidh, puasa nadzar atau puasa qadha.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x