Kompas TV religi beranda islami

Meninggal Dalam Tidur Dan Sakaratul Maut

Kompas.tv - 1 Agustus 2022, 14:44 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Diantara hal yang pasti kedatangannya dalam hidup ini adalah kematian. Kematian akan datang menghadang setiap mahluk yang bernyawa.

Kematian pun mengalami suatu proses yang diawali dengan detik-detik menegangkan yang menyakitkan, proses ini biasa disebut sakaratul maut.

Sebagaimana Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

“Sekali-kali jangan. Apabila nafas (seseorang) telah (mendesak) sampai kerongkongan. Dan dikatakan (kepadanya): “Siapakah yang dapat menyembuhkan”. Dan dia yakin bahwa sesungguhnya itulah waktu perpisahan. Dan bertaut betis (kiri) dengan betis (kanan). Dan kepada Rabbmulah pada hari itu kamu dihalau“. (QS Al Qiyamah 75: 26-30)

Jelas sudah bahwa kematian itu memang telah ditetapkan waktunya, tidak dapat diundur walau hanya sedetik serta tidak pandang bulu bila sudah saatnya dimanapun dan kapanpun manusia berada.

Kemudian apabila setiap manusia akan dicabut ruhnya dan kembali kepada Rabbnya, lantas apakah orang yang meninggal dalam tidurnya juga mengalami sakaratul maut? Kemudian apakah kita dapat melihat detik-detik menegangkan itu secara kasat mata?

 

Wallahu’alam bis shawab



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x