Kompas TV religi beranda islami

70.000 Malaikat akan Mendoakanmu Jika Melakukan Amalan Ini

Kompas.tv - 30 Oktober 2021, 13:53 WIB
70-000-malaikat-akan-mendoakanmu-jika-melakukan-amalan-ini
Ilustrasi sakit. Ada hadis yang menyebutkan tentang 70.000 malaikat akan mendoakan kita jika kita melakukan hal ini. (Sumber: Towfiqu barbhuiya/unsplash)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagaimana rasanya jika 70.000 malaikat mendoakan kebaikan dan memohon ampunan untuk kita? Ada amalan ringan yang menurut hadis Nabi Muhammad SAW akan membuat ribuan malaikat turut mendoakan kebaikan kita.

Dalam hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Tirmidzi disebutkan, seorang muslim akan didoakan 70.000 malaikat jika ia menjenguk saudaranya yang sakit.

Bahkan, kata Nabi, jika ia menjenguk orang yang sakit di pagi hari, ada 70.000 malaikat yang akan mendoakannya hingga sore tiba.

Jika ia menjenguknya pada sore hari, para malaikat akan berselawat kepada Nabi yang ditujukan untuk kebaikannya hingga malam tiba.

Baca Juga: Cara Sufi Menipu Malaikat Saat di Kuburan, Bikin Geleng-Geleng Kepala

Selain itu, jika ia mendoakan saudara muslim dan menjenguknya, ia kelak akan memperoleh buah-buahan yang nikmat nan segar kelak ketika berada di surga.

Lalu, bagaimana hal itu bisa dilakukan saat pandemi seperti ini?

Kita masih bisa menjenguk saudara kita yang sakit. Minimal secara virtual atau bisa juga dengan hal sederhana seperti mendoakan dari jauh, berkirim salam hingga mengirim makanan untuk sahabat yang sakit itu.

Hadis tentang 70.000 malaikat yang berdoa untuk mereka yang menjenguk orang yang sakit.

Teks Arab dari hadis tentang 70.000 malaikat yang akan mendoakan mereka yang gemar menjenguk orang sakit. (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks latin: Maamin muslimin ya’udzhu musliman ghudwatan illa shola ‘alaihi sab’uuna alfi Malakin hatta yumsiyy, wain ‘aadahu ‘asyiyyatan illa shola ‘alaihi sab’uuna alfa malakin hatta yusbiha, wa kaana lahuu khoorifu fil jannah

Artinya: "Tidaklah seorang muslim menjenguk muslim yang lain di pagi hari melainkan 70.000 malaikat berselawat kepadanya, memintakan ampun untuknya hingga ia berada di sore hari. Dan jika ia menjenguknya di sore hari, maka 70.000 malaikat berselawat atasnya, memintakan ampun untuknya hingga ia berada di pagi hari. Dan (kelak) ia akan memperoleh buah-buahan yang akan dipetik di dalam surga kelak." (HR. Tirmidzi)

Semoga kita senantiasa menjadi bagian dari orang-orang yang didoakan malaikat sebanyak itu dan menjadi pribadi yang gemar bersilaturrahim dengan saudara kita. Amin.

Wallahu a’lam.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x