Kompas TV regional papua maluku

BBM Satu Harga Pacu Jantung Perekonomian Warga di Pesisir Raja Ampat

Kompas.tv - 28 September 2024, 20:09 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Sakabu adalah sebuah Kampung di pesisir Salawati Tengah Raja Ampat, Papua Barat Daya. Daerah ini masih terpencil karena belum dijangkau fasilitas umum yang memadai. Meskipun demikian roda perekonomian di daerah ini berkembang pesat.

Roda perekonomian di Kampung Sakabu mulai terdampak, sejak kehadiran BBM satu harga tiga tahun lalu. Masyarakat Kampung Sakabu bersyukur, karena mendapatkan BBM dengan harga yang sama di daerah perkotaan.

Salah satunya Anwar, pelaku UMKM yang merupakan warga Sakabu yang tinggal sejak Tahun 1998. Ia sangat bersyukur, usaha yang dijalani kini mengalami peningkatan hingga 20 sampai 30 persen. Dimana yang tadinya hanya toko kecil kiniberkembang menjadi warung makan dan bahkan penginapan.

Hal ini Ia rasakan sejak hadirnya BBM satu harga di kampung Sakabu, tiga tahun lalu. Dimana aktivitasnya untuk membelibarang dagangan ke kota lebih mudah, jika dibandingkan dulu,akibatnya harga barang menjadi mahal. Namun saat ini hargabarang sama seperti yang ada di perkotaan.

BBM satu harga di Distrik Salawati Tengah juga melayani kebutuhan masyarakat di Pulau-Pulau yang berdekatan dengan Kampung Sakabu. Yakni bagi nelayan dan masyarakat pengguna kendaraan bermotor.

Selain pelaku UMKM, para nelayan dan motoris kampung sakabu juga terbantu, dengan BBM satu harga. Nelayan tak lagi kesulitan untuk melaut, sedangkan pelaku jasa transportasi dengan menggunakan perahu motor, berjalan lancar.

Kehadiran BBM satu harga bertujuan untuk membantumasyarakat di daerah terpencil. Salah satunya Kampung Sakabu, karena warga yang ada mayoritas berpenghasilan rendah, hingga menyebabkan mereka sulit mendapatkan BBM.  Akibatnya pemerintah merekomendasikan daerah ini untuk dihadirkan BBM satu harga.

Kuota perbulan BBM jenis pertalite di Kampung Sakabu mencapai 85 KL, sedangkan bio solar sebanyak 30 KL. Semua BBM inidisuplai dari Sorong, dengan waktu pengantaran dua kali dalam sebulan.

Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik program pemerintah melalui BBM satu harga, dalam rangka meningkatkan roda perekonomian di Kampung Sakabu, Salawati Tengah, Raja Ampat.

 

 

===============================

Music track: Business by Aylex
Source: https://freetouse.com/music
Music for Videos (Free Download)

===============================

Music track: Building Dreams by Aylex
Source: https://freetouse.com/music
No Copyright Background Music

===============================  




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x