Kompas TV regional berita daerah

Melestarikan Tarian Dero Dengan Lomba

Kompas.tv - 18 September 2024, 22:46 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PALU, KOMPAS.TV - Persekutuan Perempuan GKST Jemaat Immanuel Palu menggelar lomba Dero Kreasi. Lomba ini sekaligus ikut melestarikan tarian khas Kabupaten Poso yang dikenal dengan tarian Dero atau Modero.

Tari Dero merupakan tarian khas daerah Kabupaten Poso yang melambangkan suka cita dan ungkapan syukur. Tarian ini dilaksanakan di lapangan dan melibatkan banyak orang.

Sebagai ungkapan syukur ulang tahun Persekutuan Perempuan GKST Jemaat Immanuel, panitia pun menggelar lomba Dero kreasi.

Ada gerakan-gerakan tari yang dikreasikan dengan gerakan dasar dari Dero. Umumnya tarian Dero ini diperagakan dengan membuat lingkaran dan disesuaikan dengan alunan musik dengan lirik bahasa daerah Poso.

Ketua Persekutuan Perempuan Gereja Kristen Sulawesi Tengah Jemaat Immanuel Palu, Christina Janne, bilang lomba ini sebagai ajang melestarikan tarian Dero.

Lomba sendiri diikuti sepuluh kelompok dari Perempuan GKST Jemaat Imanuel Palu. Ada 3 juri yang menilai lomba itu. Penilaian juri dilakukan mulai dari kekompakan, kreasi dan keserasian dengan musik serta ketepatan durasi tarian.

#TarianDero #Modero #GKSTJemaatImmanuelPalu 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x