Kompas TV regional jabodetabek

KPU Benarkan Anak Anies Terdata Beri Dukungan untuk Dharma-Kun, tapi Tidak Memenuhi Syarat

Kompas.tv - 16 Agustus 2024, 22:09 WIB
kpu-benarkan-anak-anies-terdata-beri-dukungan-untuk-dharma-kun-tapi-tidak-memenuhi-syarat
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Dody Wijaya saat menjelaskan mengenai dugaan pencatutan KTP warga, Jumat (16/8/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta membenarkan bahwa nama anak mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terdata memberikan dukungan administrasi pada pasangan kandidat calon gubernur-wakil gubernur Jakarta dari jalur perseorangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Penjelasan itu disampaikan oleh Komisioner KPU DKI Jakarta Dody Wijaya menaggapi adanya dugaan pencatutan nama dan kartu tanda penduduk warga untuk mendukung pasangan tersebut, Jumat (16/8/2024).

Pihaknya, lanjut Dody, juga telah menindaklanjuti informasi yang ia terima dari media maupun dari netizen mengenai dugaan pencatutan nama dan KTP.

“Kami langsung melakukan pengecekan, contoh misalkan putranya Pak Anies Baswedan. Kami cek memang yang bersangkutan dari sisi administrasi masuk sebagai data dukungan,” kata dia, dikutip dari laporan jurnalis Kompas TV Iksan Apriansyah.

Baca Juga: Pengamat Sebut Bawaslu Tidak Perlu Tunggu Laporan untuk Usut Dugaan Pencatutan NIK Kandidat Pilkada

“Namun dalam verifikasi faktual statusnya menjadi tidak memenuhi syarat. Jadi status data dukungan yang bersangkutan dalam verifikasi faktual dinyatakan TMS.”

Artinya, lanjut Dody, proses verifikasi berjalan di lapangan dengan mekanisme sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Terkait dengan sumber data atau KTP yang dikumpulkan, Dody menyebut hal itu bisa ditanyakan langsung pada bakal pasangan calon.

“Sumbernya dari mana, bagaimana cara mengumpulkan, itu di luar dari kewenangan atau jangkauan kami. Kami hanya melakukan verifikasi administrasi dan faktual.”




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x