Kompas TV regional jawa tengah dan diy

30 Kabupaten/Kota di Jateng Tetapkan Siaga Darurat Kekeringan

Kompas.tv - 25 Juli 2024, 16:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Menghadapi bencana kekeringan hingga kebakaran hutan dan lahan, BNPB bersama dengan jajaran BPBD se-Jawa Tengah menggelar rakor di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kota Semarang. Sebab, berdasarkan data dari BMKG, mulai minggu ketiga bulan Juli, curah hujan di Jawa Tengah hanya 50 milimeter. Situasi tersebut menunjukkan sudah masuk musim kemarau.

Kepala BNPB mengatakan, meskipun di awal hingga pertengahan tahun, bencana di Jawa Tengah relatif tidak banyak namun harus tetap waspada. Dan di Jawa Tengah saat ini sudah ada 30 Kabupaten/Kota yang menetapkan siaga darurat kekeringan hingga kebakaran hutan dan lahan.

“Meskipun bukan El Nino, bencana kekeringan di Provinsi Jawa Tengah masih akan terjadi. BNPB mencatat meskipun di awal tahun sampai dengan pertengahan tahun, Jawa Tengah relatif bencananya tidak banyak, relatif aman, tetapi kita harus tetap waspada,” jelas Letjen TNI Suharyanto, Kepala BNPB RI

Pemerintah telah mengantisipasi potensi bencana dengan berbagai upaya diantaranya menyalurkan bantuan berupa peralatan dan anggaran operasional dari BNPB untuk 30 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. BNPB dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga akan membantu untuk distribusi air bersih dan penggalian sumur tersier agar kebutuhan air di musim kemarau teratasi.

#kekeringan #bencana #semarang




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x