Kompas TV regional jabodetabek

Prakiraan Cuaca BMKG, Hujan Disertai Petir Guyur Seluruh Wilayah DKI Jakarta pada Jumat Malam

Kompas.tv - 14 Juni 2024, 08:45 WIB
prakiraan-cuaca-bmkg-hujan-disertai-petir-guyur-seluruh-wilayah-dki-jakarta-pada-jumat-malam
Ilustrasi hujan petir. (Sumber: Science Daily via Tribunnews)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca untuk wilayah DKI Jakarta pada Jumat (14/6/2024).

Menurut data yang dipantau dari laman resmi BMKG, seluruh wilayah DKI Jakarta yang meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu diprediksi akan mengalami hujan disertai petir pada malam hari.

Mengingat prakiraan cuaca tersebut, masyarakat Jakarta diimbau untuk mempersiapkan diri menghadapi hujan disertai petir yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Pada pagi hari, sebagian besar wilayah Jakarta diperkirakan akan berawan dan cerah berawan dengan suhu rata-rata berkisar antara 28 hingga 30 derajat Celcius.

Baca Juga: 5 Lokasi SIM Keliling di Jakarta Hari Ini, Buka Sampai Pukul 14.00 WIB, Ini Syarat dan Biayanya

Namun, memasuki siang hari, BMKG memprakirakan bahwa Jakarta Selatan dan Jakarta Timur akan mengalami hujan dengan intensitas ringan, sementara daerah lainnya tetap berawan.

Memasuki malam hari, intensitas hujan diprediksi akan meningkat. Seluruh wilayah Jakarta diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Bahkan, hujan disertai petir diperkirakan akan terjadi hingga tengah malam. Kondisi ini diharapkan dapat menyegarkan udara dan mengurangi polusi di ibukota.

Sementara itu, pada Sabtu (15/6) dini hari, wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Kepulauan Seribu masih berpotensi mengalami hujan ringan.

Kecepatan angin di seluruh wilayah DKI Jakarta diperkirakan mencapai 10 kilometer per jam, kecuali di Kabupaten Kepulauan Seribu yang dapat mencapai 20 kilometer per jam.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG, 24 Wilayah Diprediksi Hujan Lebat, Petir, dan Angin Kencang 14-15 Juni 2024

Suhu udara di Jakarta pada Jumat, diprediksi akan berada pada rentang 23 derajat Celsius untuk suhu terendah dan 31 derajat Celsius untuk suhu tertinggi. Kelembaban udara juga diperkirakan cukup tinggi berkisar antara 65 hingga 100 persen.

Beberapa tips yang dapat dilakukan antara lain selalu membawa payung atau jas hujan saat bepergian, menghindari berteduh di bawah pohon saat hujan petir, dan memastikan saluran air di sekitar rumah tidak tersumbat agar terhindar dari banjir



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x