Kompas TV regional bali nusa tenggara

Program TMMD Reguler ke-120: Bhakti, Mukhti, dan Bhukti Kodim 1626 Bangli

Kompas.tv - 12 Juni 2024, 18:39 WIB
program-tmmd-reguler-ke-120-bhakti-mukhti-dan-bhukti-kodim-1626-bangli
Seorang bocah bernama Ngurah tengah bercengkrama dengan seorang anggota Kodim 1626 Bangli di Desa Tiga, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Edy A. Putra

BANGLI, KOMPAS.TV - Terletak di jantung Pulau Dewata, Kabupaten Bangli tidak hanya mempesona mata. Akan tetapi juga menyentuh jiwa.

Dengan sejuta kekayaan alam dan warisan budaya, Bangli menjadi salah satu tujuan wisatawan. Di Antara lereng-lereng hijau yang membelai, tersaji keindahan alam yang menakjubkan.

Dengan sumber mata air yang membentuk air terjun yang indah, danau yang tenang, serta hutan yang membelai sejuk, Bangli mengajarkan tentang ketenangan dan keanggunan.

Tidak hanya alam, di balik setiap sudutnya, terdapat warisan budaya yang kaya. Sehingga menjadikan Bangli sebuah penjaga tradisi Bali yang autentik.

Di Desa Tiga, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, seorang bocah bernama Ngurah tengah bercengkrama bersama seorang anggota Kodim 1626 Bangli.

Liburan sekolah kali ini terasa berbeda bagi Ngurah, sebab teman-temannya tengah berangkat karyawisata, sementara ia harus tinggal di rumah karena keterbatasan biaya.

Hari-harinya dihabiskan dengan membantu orang tuanya di ladang, meskipun dalam hatinya tersimpan rasa iri melihat teman-temannya berpetualang.

Namun, suatu pagi, saat Ngurah sedang berjalan-jalan di sekitar desa, matanya berbinar-binar melihat pemandangan yang tak biasa.

Tentara berseragam dari Kodim 1626 Bangli sedang sibuk membangun infrastruktur dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa ke-120 atau TMMD ke-120. 

Ngurah terpesona melihat tentara-tentara tersebut bekerja dengan semangat dan disiplin. Ia berdiri di tepi jalan, memperhatikan setiap gerak-gerik mereka, dan membayangkan dirinya suatu hari menjadi seorang tentara yang gagah berani.

Tentara-tentara itu menggali parit, memasang pipa, dan membangun jalan dengan cekatan. Ngurah bahkan sempat diajak oleh seorang tentara untuk membantu membawa air minum. Hal itu membuat hatinya melambung tinggi.

Ngurah merasa menemukan inspirasi baru dalam hidupnya, melihat bahwa walaupun ia tidak bisa mengikuti karyawisata, masih banyak hal luar biasa yang bisa ia pelajari dan saksikan di desanya sendiri.

Semangat Gotong Royong Masyarakat dan Kodim 1626/Bangli

TMMD ke-120 kini telah selesai dilaksanakan di berbagai Kodim yang tersebar di seluruh Indonesia.

Program TMMD adalah program kolaboratif TNI, khususnya TNI Angkatan Darat bersama dengan pemerintah daerah dan berbagai unsur masyarakat yang berfokus pada percepatan pembangunan di daerah.

Khususnya di Kodim 1626 Bangli yang kini tengah saya kunjungi dalam rangka TMMD reguler ke-120.

"Kolaborasi ini sudah terjalin cukup lama. Dan manfaat dari kegiatan ini sangat besar sekali. Kolaborasi dengan masyarakat sangat besar sekali, hampir setiap hari masyarakat terlibat dari pagi sampai malam, dibagi sesuai dengan kebutuhan," jelas Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Selasa (11/6/2024).




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x