Kompas TV regional berita daerah

Demo Warga Terdampak Pabrik Sepatu di Brebes

Kompas.tv - 12 Juni 2024, 17:53 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Ratusan warga Desa Kemurang, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melakukan aksi unjuk rasa di depan lokasi pembangunan pabrik sepatu di Jalan Raya Pejagan-Ketanggungan, Senin siang. Mereka merupakan warga terdampak pembangunan pabrik sepatu PT Gold Emperor Indonesia.

 

Akibat pemasangan tiang pancang, puluhan rumah warga mengalami retak-retak. Namun hingga kini, kompensasi yang dijanjikan tak kunjung dibayarkan. Massa yang juga terdiri gabungan ormas di Kabupaten Brebes menuntut manajemen pabrik untuk segera memenuhi janjinya membayar kompensasi.

 

Massa juga menuntut warga di sekitar pabrik untuk dipekerjakan, karena justru banyak warga luar daerah yang bekerja pada proyek pembangunan pabrik. Mereka mengancam akan mengerahkan massa lebih banyak jika tuntutan tidak dipenuhi.

 

Sejumlah warga mengaku kesal karena sejak pembangunan pabrik mereka hanya sekali menerima pemberian uang Rp100.000 saat Lebaran. Uang tersebut sangat tidak cukup untuk memperbaiki rumah yang retak dan atap yang rusak.

 

Warga berharap, manajemen pabrik mau berdialog untuk segera memberikan kompensasi. Massa akhirnya membubarkan diri setelah dimediasi oleh polisi untuk berdialog dengan manajemen pabrik.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x