Kompas TV regional jawa barat

Polisi akan Serahkan Berkas Perkara Pegi Setiawan ke Kejaksaan Pekan Depan

Kompas.tv - 12 Juni 2024, 08:05 WIB
polisi-akan-serahkan-berkas-perkara-pegi-setiawan-ke-kejaksaan-pekan-depan
Pegi Setiawan alias Perong, tersangka kasus pembunuhan terhadap Vina di Cirebon pada 2016 lalu, membantah melakukan pembunuhan seusai Polda Jawa Barat (Jabar) menggelar konferensi pers, Minggu (26/5/2024). (Sumber: Tangkapan layar video KOMPAS TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Tito Dirhantoro

BANDUNG, KOMPAS.TV - Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan pihaknya segera menyerahkan berkas perkara kasus pembunuhan Vina dan Eki dengan tersangka Pegi Setiawan ke kejaksaan.

"Kami upayakan secepatnya. Mohon doanya dalam minggu depan berkas dapat kami sampaikan ke rekan jaksa penuntut umum ke kejati," kata Jules di Mapolda Jabar, Senin (10/6/2024) malam.

Baca Juga: Hotman Paris Sebut Ada Kemungkinan Pegi Bebas: 5 Terpidana Nyatakan Pegi Tak Terlibat

Jules menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan tes psikologi terhadap Pegi Setiawan pada Sabtu (8/6) hingga Minggu (9/6).

"Polda jabar telah memeriksa psikologi forensik terhadap tersangka PS (Pegi Setiawan). Pemeriksaan psikologi forensik dilakukan Sabtu dan Minggu tanggal 8-9 Juni 2024 oleh tim psikologi atas permintaan Ditreskrimum Polda Jabar," ucap Jules, seperti dikutip dari Kompas.com.

Selain Pegi, sejumlah saksi, termasuk orang tua Pegi, juga akan menjalani pemeriksaan psikologi.

Selanjutnya, polisi juga akan melakukan tes poligraf atau tes pendeteksi kebohongan pada hari ini, Rabu (12/6/2024). Hal ini disampaikan oleh kuasa hukum Pegi, Tony RM.

"Kami dapat informasi dari penyidik bahwa hari Rabu itu akan dilakukan tes poligraf untuk mendeteksi kebohongan. Silakan saja. Namun, kami belum dapat undangan resmi dari penyidik untuk klien kami Pegi Setiawan," kata Tony RM, Senin (10/6/2024).

Baca Juga: Tak Hanya Tes Psikologi, Tersangka Pembunuhan Vina Cirebon Pegi Juga akan Jalani Tes Kebohongan

Sebagai informasi, Vina dibunuh oleh sekelompok anggota geng motor pada 27 Agustus 2016 lalu. Sebanyak 8 pelaku kini telah ditangkap dan diadili.

Selama 8 tahun berlalu, kasus Vina kembali ramai usai kasusnya diadaptasi ke dalam film berjudul Vina: Sebelum 7 Hari yang tayang pada 8 Mei 2024. 

Pada Selasa (21/5/2024), jajaran Polda Jawa Barat berhasil menangkap buron atas nama Pegi Setiawan alias Pegi Perong. Saat ini, Pegi telah ditetapkan sebagai tersangka dan diduga menjadi otak pembunuhan Vina dan Eki.



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x