Kompas TV regional jawa timur

Saraf Tulang Belakang Kena Peluru, Relawan Prabowo-Gibran yang Ditembak Alami Kelumpuhan

Kompas.tv - 27 Desember 2023, 08:57 WIB
saraf-tulang-belakang-kena-peluru-relawan-prabowo-gibran-yang-ditembak-alami-kelumpuhan
Ilustrasi. Muara (50), relawan Prabowo-Gibran yang ditembak orang tak dikenal (OTK), mengalami kelumpuhan. (Sumber: Max Kleinen on Unsplash)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

SURABAYA, KOMPAS.TV - Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo, dr M Hardian Basuki SpOT(K), mengatakan Muara (50), relawan Prabowo-Gibran yang ditembak orang tak dikenal (OTK), mengalami kelumpuhan.

Hardian mengatakan Muara telah mendapatkan perawatan intensif sejak Jumat (22/12/2023) malam dan telah menjalani operasi pengangkatan peluru.

Terdapat dua peluru yang bersarang di punggung belakang dan sampingnya setelah tokoh masyarakat di Sampang, Madura, Jawa Timur, itu ditembak.

Baca Juga: Polisi Tegaskan Penembakan Relawan Prabowo-Gibran Tak Terkait Pilpres, 11 Orang Diperiksa

Sayangnya, Muara tak dapat menggerakkan kakinya. Hardian menjelaskan, ada potensi saraf tulang belakang Muara terkena peluru.

“Jadi, kemungkinan besar saraf tulang belakang yang berfungsi untuk memberikan perintah menggerakkan kedua kaki terkena tembakan,” kata Hardian, Selasa (26/12/2023).

Menanggapi situasi tersebut, tim dokter akan melakukan evaluasi pascaoperasi dan segala upaya agar kaki Muara bisa kembali digerakkan.

“Kami akan lakukan evaluasi bertahap. Biasanya pascaoperasi tulang belakang ada proses latihan duduk. Mungkin butuh korset atau latihan duduk,” jelasnya, seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Hardian menambahkan, dokter juga memasang pen di tulang belakang Muara.

Saat ini, Hardian menuturkan, korban dalam kondisi sadar, baik, dan dirawat di ruang perawatan intensif.

Seperti diberitakan Kompas.tv, Muara menjadi korban penembakan orang tidak dikenal di depan toko pinggir jalan, di Desa Banyuates, Kecamatan Banyuates, Sampang, Jumat (22/12/2023).

Saat itu, Muara tengah bersantai dan mengobrol bersama rekannya. Tiba-tiba, ada dua pria yang berboncengan mengendarai motor melepaskan tembakan dua kali ke arahnya.

Ia langsung dilarikan ke puskesmas terdekat hingga dirujuk ke RSUD dr Soetomo, Surabaya.

Baca Juga: Kondisi Terkini Relawan Prabowo-Gibran yang Ditembak di Sampang, Korban Dioperasi dan Dipasang Pen

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Dirmanto memastikan insiden penembakan tersebut tidak berkaitan dengan politik maupun Pilpres 2024 meski korban merupakan relawan Prabowo-Gibran.

Saat ini, polisi telah memeriksa 11 saksi untuk mengusut kasus penembakan tersebut.

"Sampai saat ini sudah 11 orang yang diperiksa sebagai saksi," kata Dirmanto di Surabaya, Selasa (27/12/2023).


 



Sumber : Tribunnews.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x