Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Dorong UMKM Lebih Maju Lewat Berbagai Pelatihan

Kompas.tv - 16 Agustus 2023, 19:04 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk membantu Pemerintah Kota Semarang dalam memajukan UMKM, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memberikan berbagai pelatihan kepada para pelaku UMKM. Kali ini pelatihan digelar di Kelurahan Candisari, Kecamatan Candisari, Kota Semarang.

Pelatihan yang diberikan tidak hanya sekedar untuk meningkatkan kualitas produk UMKM semata, namun juga cara pemasaran hasil produksi para UMKM secara digital. Selain itu para pelaku UMKM juga diberi literasi terkait pentingnya asuransi jiwa seperti solusi terhadap risiko-risiko yang mungkin terjadi dalam kehidupan. 

"Pelatihan untuk mengembangkan usaha, termasuk juga dalam proses peningkatan produksi atau pemasaran dan juga penggunaan teknologi digital, " ujar Ricardo Simanjuntak, Dewan Pengawas AAJI.

Salah satu pelaku UMKM batik, mengaku terbantu dengan sejumlah pelatihan yang diberikan untuk kemajuan UMKM ini. Seperti pelatihan tentang batik ecoprint yang mampu membuat batik produksinya kini memiliki nilai tambah. Dan adanya pelatihan tentang digital marketing yang berdampak pada penjualan batik yang meningkat. 

"Jadi punya skill tambahan, jadi saya yang produksi baju seperti ini, kita bisa produksi ecoprint, jadi ini adalah satu nilai tambah. Buat teman-teman yang tadinya ga punya keterampilan apa-apa, lewat pelatihan ini kita punya skill meningkatkan penghasilan, " kata Dinar, pelaku UMKM batik. 

Melalui berbagai pelatihan yang tepat dan sesuai kebutuhan, diharapkan bisa membuat pelaku UMKM bisa mengelola bisnisnya dengan optimal.

#umkm #batik #pelatihanumkm 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x