Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Menikmati Bebek Songkem Sambil Melihat 5 Gunung

Kompas.tv - 3 Juli 2023, 11:25 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Selain daging ayam dan sapi, sajian menu bebek juga bisa menjadi salah satu makanan khas nusantara yang banyak ditemukan di banyak wilayah di Indonesia. Nah...salah satunya adalah sajian bebek songkem.

Bebek songkem ini merupakan makanan khas dari Madura, Jawa Timur . Namanya disebut songkem karena saat proses pembuatannya daging bebek yang dibuat diibaratkan sedang sungkem atau memberi penghormatan.

Sejak lama bebek songkem ini termasuk makanan yang istimewa, karena proses pengolahannya. Daging bebek yang telah bersih, dilumuri dengan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai dan bumbu rempah lainnya.

Kemudian daging bebek dibungkus dengan daun pisang dan dikukus selama tiga hingga empat jam. Waktu yang dibutuhkan untuk mengukus memang lama. Hal ini agar daging bebek menjadi empuk dan bumbunya meresap.

Uniknya, bebek dikukus dengan menggunakan batang daun pisang, hal ini untuk memberikan aroma khas dalam bebek songkem.

"Ini mempunya aroma yang smoky, karena dimasak menggunakan pelepah pisang, jadi ada aroma-aroma pisang dan aroma asap," jelas Hariyono – koki.

Salah satu konsumen menyebut bahwa bebek songkem ini baru pertama kali ia rasakan. Dan ternyata rasanya sangat kaya akan rempah.

"Rasanya enak, terus bebeknya empuk, ada sambel yang enak sih, berasa banget kencurnya," ungkap Putri, konsumen.

Tak hanya sajian makanannya saja yang menggugah selera, namun anda juga bisa menikmati lezatnya bebek songkem ini sambil melihat pemandangan alam lima gunung, yakni Gunung Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x