Kompas TV regional berita daerah

Cerita Polwan Polda Maluku Membantu PBB Dalam Misi Perdamaian

Kompas.tv - 1 September 2022, 10:15 WIB
Penulis : KompasTV Ambon

AMBON,KOMPAS.TV-Menjalani peran ganda sebagai ibu rumah tangga, berbagi waktu antara pekerjaan dan kewajiban di rumah sudah menjadi hal yang biasa yang sering dilakukan oleh Polwan Polda Maluku  Iptu June Carla yang saat ini bertugas di SPRIPIM Kapolda Maluku.

Bukanlah sesuatu hal yang sulit bagi wanita yang memiliki tiga anak ini, menurutnya salasatu kunci sukses yang digunakan dalam menjalankan peranya sebagai ibu dan juga abdi negara ialah kedisiplinan dan tekun berdoa.

Ketekunan dan kedisplinan yang dijalankan sebagai seorang Polwan berhasil membawanya untuk menimbah pengalaman berkiprah di dunia internasional pada 2012 lalu saat masih berpangkat brigadir polisi dalam misi PBB sebagai Individual Police Officer atau IPO. Dalam rangka mendukung perdamian PBB di United Mission In South Sudan, afrika timur dan sempat mengikuti pelatihan di Itali.

Salasatu pengalaman tugas Iptu June Carla kala itu ialah harus membimbing dan mengarahkan para  polisi wanita di Sudan untuk bagiamana menangani  kasus – kasus kekerasaan maupun pelecehan terhadap perempuan dan anak, satu tugas yang penuh rintangan namun bisa diselesaikan dengan baik.

Kerinduannya kepada keluarga di Ambon Maluku  saat tugas di Sudan hanya bisa utarakan hanya pada momen- momen terentu menggunakan skype bahkan tidak bisa setiap hari.

Usai tugas kurang lebih selama setahun, PBB dan Pemerintah Indonesia memberikan sejumlah penghargaan kepada Polwan Polda Maluku atas  dedikasinya membantu PBB dalam misi perdamaian.

Hari ini tepatnya 1 September, hari yang bersejarah bagi seluruh Polwan Indonesia, Iptu June Carla Nanariain telah membuktikan Polwan atau polisi wanita tugasnya tidak hanya mengayomi dan memberikan perlindungan penegakan hukum dan pelayanan kepada masyarakat  Indonesia namun polwan saat ini juga dapat mengambil peran dalam menjaga perdamaian dunia.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x