Kompas TV regional berita daerah

LP2K Minta Pemerintah Jamin Harga Komoditi Stabil

Kompas.tv - 11 Maret 2022, 15:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Naiknya harga sejumlah bahan kebutuhan pokok dan kelangkaan stok  beberapa komoditi mendapat perhatian dari Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Kosumen (LP2K) Jateng. Beberapa komoditi bahan pokok yang mulai mengalami kenaikkan, seperti cabai, bawang merah, minyak goreng, gula pasir, telur ayam, serta yang lainnya, dinilai akan memberatkan masyarakat.

Selain kebutuhan bahan pokok yang mengalami kenaikkan, LP2K juga menyoroti adanya kenaikkan elpiji non subsidi yang dilakukan oleh pemerintah. Pasalnya, dengan adanya kenaikkan elpiji non subsidi itu masyarakat cenderung akan bermigrasi ke elpiji subsidi yang dinilai tidak mengalami perubahan harga.

"Untuk pemerintah terkait dengan harga yang naik. Menurut saya pemerintah harus menjamin ketersediaan produk yang pokok di masyarakat agar tidak mengalami kelangkaan. Kemudian pemerintah harus bisa memastikan agar harga yang ada di masyarakat itu betul-betul terjangkau oleh masyarakat dengan melakukan misalnya operasi pasar," ujar Abdun Mufid, Ketua LP2K Jateng.

Dengan adanya kelangkaan serta kenaikkan harga pada komoditi kebutuhan bahan pokok, LP2K mendesak pemerintah untuk melakukan penjaminan ketersediaan barang serta kestabilan harga dengan melakukan operasi pasar. Selain itu, untuk menjaga adanya upaya migrasi pada elpiji subsidi, pemerintah diharapkan mampu melakukan upaya  pemberian sanksi pada pelaku penimbunan serta penyelewengan elpiji bersubsidi.

#lp2k #semarang #kebutuhanpokok

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x