Kompas TV regional berita daerah

Ribuan Nelayan Duduki Pantura, Tunggu Hasil Keputusan

Kompas.tv - 7 Februari 2022, 12:06 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Awalnya ribuan nelayan tumpah ruah di jalur pantura jalan proklamasi untuk mengawal audiensi dan sosialisasi kebakaran kapal di aula pangkalan TNI AL Tegal, bersama Forkopimda dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah. 

 

Namun ribuan nelayan tidak sabar menunggu hasil kesepakatan, hingga akhirnya memblokade jalur pantura yos sudarso kota Tegal. Polisi sempat bersitegang saat akan membuka jalan namun dihalangi dan diteriaki massa. Beruntung tidak terjadi aksi anarkis. 

 

Ribuan nelayan menuntut agar kapal cantrang yang tengah dalam proses peralihan diberikan surat keterangan sementara untuk melaut. Karena saat ini sekitar enam ratus kapal cantrang menumpuk di pelabuhan. Sehingga banyak nelayan yang menganggur. 

 

Akibat blokade jalur pantura mengalami kemacetan dari dua arah hingga perbatasan kota Brebes dan Kabupaten Tegal selama dua jam. 

 

Blokade jalur pantura berakhir setelah salah seorang nelayan yang mengikuti audiensi mengumumkan bahwa gubernur Jawa Tengah akan mengeluarkan surat edaran agar nelayan diperbolehkan melaut selama satu trip untuk kapal yang tengah mengurus perizinan dan cek fisik. Massa membubarkan diri setelah ketua HNSI Jateng, Riswanto, melalui melalui pengeras suara memerintahkan nelayan untuk membubarkan diri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x