Kompas TV regional kriminal

Pengurus Pencak Silat Pagar Nusa Malang: Teman-teman UIN Tak Berkoordinasi dengan Kami

Kompas.tv - 14 Maret 2021, 10:00 WIB
pengurus-pencak-silat-pagar-nusa-malang-teman-teman-uin-tak-berkoordinasi-dengan-kami
Tangkapan layar Tayangan Kompas Pagi yang memperlihatkan sejumlah barang bukti kasus tewasnya dua mahasiswa UIN Malang saat acara pembaiatan UKM Pagar Nusa (Sumber: KompasTV)
Penulis : Gading Persada

MALANG, KOMPAS.TV- Dua mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang meninggal saat mengikuti acara pembaiatan yang dilakukan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pencak silat Pagar Nusa.

Terkait hal ini, Pimpinan cabang (PC) Pencak Silat Pagar Nusa Kota Batu, Jawa Timur, tak mengetahui kegiatan pembaitan yang dilakukan UKM tersebut.

Kegiatan tersebut dilaksanakan tanpa melalui pemberitahuan terlebih dahulu kepada PC Pagar Nusa Kota Batu. Kegiatan itu menjadi sorotan setelah ada dua peserta yang meninggal pada Sabtu (6/3/2021).

Baca Juga: UIN Malang Bubarkan UKM Pencak Silat Pagar Nusa Akibat 2 Mahasiswa Meninggal Saat Pembaiatan

"Jadi teman-teman UIN tidak ada koordinasi dengan kami selaku pemangku wilayah Pagar Nusa Kota Batu. Mereka tidak pernah WA (kirim pesan WhatsApp), atau datang ke kami. Bahkan, pada lembaga mereka (UIN) saja juga tidak izin," kata Wakil Ketua PC Pagar Nusa Kota Batu, M Musyrifin saat ditemui di Kota Batu, Selasa (9/3/2021).

Melansir Kompas.com, Musyrifin mengatakan, pihaknya baru mengetahui adanya kegiatan itu setelah terdapat peserta yang meninggal.

Ketika itu, dirinya dihubungi Polres Batu yang menanyakan kegiatan tersebut.

"Tahu-tahu kami dihubungi oleh Polres Batu, kalau ada kejadian seperti itu," katanya.

Baca Juga: UIN Malang Bubarkan UKM Pencak Silat Pagar Nusa Akibat 2 Mahasiswa Meninggal Saat Pembaiatan

Setelah mengetahui kejadian itu, pihaknya mendatangi Rumah Sakit Karsa Husada, tempat salah satu mahasiswa yang meninggal dibawa.

Meski begitu, pihaknya tidak bisa mencampuri proses hukum yang sedang berlangsung di Polres Batu.

"Semua tidak lepas tangan, walaupun itu bukan tanggung jawab kami, karena tidak ada administrasi dan pemberitahuan. Jadi sebatas itu, selebihnya kampus yang akan bertanggung jawab secara moral," tandas dia.

Baca Juga: 2 Mahasiswa Meninggal Saat Pembaiatan UKM Pencak Silat, 44 Orang Saksi Diperiksa

Sebelumnya diberitakan, dua mahasiswa UIN Maliki Malang meninggal saat mengikuti kegiatan pembaiatan peserta baru UKM Pagar Nusa di Coban Rais pada Sabtu (6/3/2021).

Kedua mahasiswa itu adalah M Faisal Lathiful Fakhri (19) mahasiswa asal Kabupaten Lamongan, Jawa Timur dan Miftah Rizki Pratama (20) asal Kota Bandung, Jawa Barat.

Oleh pihak kampus, akhirnya UKM pencak silat Pagar Nusa di UIN Maliki Malang dibubarkan.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x