Kompas TV regional berita daerah

Prameks Stop Operasi Usai 27 Tahun Layani Yogyakarta-Solo PP, Pramekers Beri Penghormatan Terakhir

Kompas.tv - 11 Februari 2021, 12:16 WIB
prameks-stop-operasi-usai-27-tahun-layani-yogyakarta-solo-pp-pramekers-beri-penghormatan-terakhir
Tangkapan layar video suasana pemberian penghormatan terakhir operasional KA Prameks lintas Solo-Yogyakarta di Stasiun Solo Balapan. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Usai sudah operasional Kereta Api (KA) Prambanan Ekspress (Prameks) setelah 27 tahun melayani operasional relasi Yogyakarta-Solo PP.

Mulai digantikan Kereta Listrik (KRL) Commuter, Prameks melakukan perjalanan terakhirnya pada Selasa (9/2/2021) malam lalu dan viral lantaran video penghormatan yang dilakukan Pramekers (sebutan pengguna Prameks) dalam perjalanan terakhir itu diunggah ke media sosial.

Tak hanya dilakukan para Pramekers, sebagai wujud terima kasih 27 tahun melayani penumpang lintas Yogyakarta-Solo, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberikan penghormatan terakhir di Stasiun Solo Balapan.

Baca Juga: Selama PSBB Jawa-Bali, Penumpang Prameks Tak Perlu Tunjukkan Hasil Rapid Antigen

Menurut Manager Humas PT KCI Adli Hakim penghormatan terakhir KA Prameks merupakan gagasan dari para komunitas pengguna KA Prameks maupun pengguna KA di Wilayah Solo dan Yogyakarta.

"Kemudian dikomunikasikan ke kami, pimpinan-pimpinan kami juga punya rasa dan keinginan yang sama makanya kita realisasikan dengan acara kemarin malam," kata Adli, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga: Selama Sepekan, 7.366 Orang Ikuti Perjalanan Uji Coba KRL Yogyakarta-Solo

Melansir Kompas.com, penghormatan terakhir itu dilaksanakan pukul 18.30 WIB karena pemberangkatan KA Prameks dari Stasiun Balapan ke Yogyakarta pukul 19.50 WIB.

“Pukul 18.30 WIB kita ngasih bunga ke para pengguna ke kepala stasiun dan masinis. Ada acara foto-foto, sebagai rasa terima kasih juga tentu kan Prameks bisa melayani sampai 27 tahun ini tidak lepas dari masyarakat pengguna. Makanya kita berikan souvenir,” tuturnya.

Kini operasional KA Prameks digantikan dengan Kereta Rel Listril (KRL) Solo-Yogyakarta PP.

Baca Juga: Ada 20 Perjalanan, KRL Yogyakarta-Solo Mulai Beroperasi Penuh 10 Februari 2021




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x