Kompas TV pendidikan kampus

Syarat dan Cara Daftar Jalur Mandiri Universitas Brawijaya Pakai Nilai UTBK 2024

Kompas.tv - 23 Juni 2024, 06:05 WIB
syarat-dan-cara-daftar-jalur-mandiri-universitas-brawijaya-pakai-nilai-utbk-2024
Universitas Brawijaya. (Sumber: ub.ac.id)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Universitas Brawijaya (UB) akan membuka seleksi mandiri melalui jalur nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2024 pada 24 Juni mendatang.

Seleksi ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri oleh UB, dengan mempertimbangkan nilai UTBK 2024, nilai rapor, serta prestasi akademik dan non-akademik sesuai ketentuan yang berlaku.

Pendaftaran seleksi mandiri ini ditujukan bagi siswa yang telah memiliki sertifikat UTBK SNBT 2024.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti seleksi mandiri di Universitas Brawijaya melalui jalur UTBK, berikut syarat dan cara daftarnya.

Baca Juga: 11 Dokumen yang Dibutuhkan untuk Mendaftar Rekrutmen PT KAI, Lowongan Kerja Dibuka 23 Juni 2024

Persyaratan SMUB Jalur Nilai UTBK 2024

  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C paling lama tahun 2022, dari sekolah terakreditasi yang dibuktikan sudah memiliki ijazah;
  • Siswa Kelas XII SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2024 dari sekolah terakreditasi WAJIB memiliki Surat Keterangan Kelas XII yang ditandatangani Kepala Sekolah dan dilengkapi dengan foto terbaru siswa yang disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto) atau Surat Keterangan Lulus (SKL). Lulusan Tahun 2024 yang nantinya dinyatakan diterima WAJIB mengunggah dokumen kelulusan (SKL/Ijazah) pada saat registrasi, siswa yang tidak dapat membuktikan dokumen kelulusan maka akan dibatalkan sebagai calon mahasiswa baru Universitas Brawijaya;
  • Terdaftar sebagai peserta dan mengikuti UTBK 2024;
  • Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri WAJIB memiliki surat penyetaraan ijazah dari Kemendikbudristek;
  • Memiliki NISN yang terdaftar NPSN (bagi siswa yang SMA dari luar negeri yang tidak memiliki NISN dan NPSN harap menghubungi melalui HALO SELMA https://haloselma.ub.ac.id
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Cara Memilih Program Studi

  • Siswa bisa memilih maksimal tiga prodi. Pilihan satu dan pilihan dua untuk pilihan Prodi S1, D3, D4 termasuk prodi di PSDKU Kediri.
  • Tetapi jika memilih tiga prodi, khusus untuk pilihan 3 hanya disediakan untuk Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Kediri.
  • Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Program studi yang ditawarkan dan syarat dari masing-masing program studi dapat dilihat pada laman ini. 

Lalu bagi peserta yang memilih Program Studi Sarjana Seni Rupa Murni dan Design Grafis, wajib mengunggah portofolio dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Satu buah karya gambar naratif dengan teknik menggambar hitam/putih (B/W) sesuai soal/tema yang telah disediakan.
  • Satu buah karya gambar bentuk (komposisi benda) dengan teknik menggambar berwarna sesuai soal/tema yang telah disediakan.
  • Satu hingga dua karya 2D (seperti sketsa, gambar, ilustrasi, lukisan) atau karya 3D (seperti patung, keramik, gerabah, miniatur clay, figuratif karakter).
  • Seluruh karya dan dokumen isian disusun dalam format PPT dengan ukuran file maksimal 10 MB. Peserta WAJIB menggunakan template untuk file dan dokumen yang disediakan untuk kepentingan penilaian portofolio SMUB 2024. Apabila peserta tidak menggunakan template file dan dokumen yang disediakan, dokumen portofolio yang bersangkutan dapat didiskualifikasi dalam proses penilaian.

Template dan petunjuk dokumen portofolio dapat diunduh pada laman Selma UB. 

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri jalur Nilai UTBK UB tahun 2024/2025 adalah sebesar Rp 500.000. Biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

Cara daftar Jalur Seleksi Mandiri Nilai UTBK UB 2024

1. Melakukan pembuatan akun di laman https://admisi.ub.ac.id

2. Memilih Seleksi Mandiri UB Jalur Nilai UTBK 2024 pada halaman dashboard;

3. Melakukan pengisian data pendaftaran Jalur Nilai UTBK 2024 berupa Nomor Peserta UTBK, NISN dan NPSN;

Baca Juga: PPDB 2024: Daftar SMA Terbaik Negeri dan Swasta di Jawa Timur Versi LTMPT



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x