Kompas TV olahraga sepak bola

Bahrain Dapat Sanksi FIFA Jelang Hadapi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kompas.tv - 9 Oktober 2024, 20:41 WIB
bahrain-dapat-sanksi-fifa-jelang-hadapi-timnas-indonesia-di-kualifikasi-piala-dunia-2026
Pemain Bahrain menggelar latihan jelang menghadapi Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. (Sumber: Bahrain National Team)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bahrain mendapat sanksi dari FIFA menjelang laga melawan Timnas Indonesia pada lanjutan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia babak ketiga.

Sanksi tersebut berkaitan dengan perilaku tidak terpuji suporter Bahrain pada pertandingan sebelumnya. 

Pada laga kontra Jepang, suporter Bahrain kedapatan menyorotkan laser hijau ke arah pemain lawan dan mengejek lagu kebangsaan Jepang. 

Akibat insiden tersebut, FIFA bergerak cepat dan memberikan hukuman.

Media Timur Tengah, Al-Watan News melaporkan, FIFA menjatuhkan denda sebesar 10.000 Swiss Franc atau sekitar Rp182 juta kepada Bahrain. 

Hukuman ini merupakan akumulasi dari dua pelanggaran, yakni penggunaan laser yang diarahkan kepada pemain Jepang, Ayase Ueda, saat ia hendak mengeksekusi penalti, serta hinaan terhadap lagu kebangsaan Jepang yang dilakukan oleh suporter.

Federasi Sepak Bola Bahrain (BFA) langsung merespons sanksi ini dengan mengeluarkan peringatan keras kepada suporter mereka. 

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Diminta Tidak Overconfident saat Lawan Bahrain

Dalam keterangannya, BFA meminta suporter untuk tidak mengulangi pelanggaran serupa saat Bahrain menjamu Timnas Indonesia.

"BFA sangat menghargai peran besar yang dimainkan oleh para penggemar Bahrain dalam mendukung tim nasional," tulis keterangan BFA dalam dikutip dari Al-Watan News.

"BFA  menyerukan kepatuhan terhadap semua instruksi yang dikeluarkan oleh personel keamanan dan penyelenggara stadion, terutama untuk tidak menggunakan laser dalam pertandingan mendatang atau pelanggaran lainnya," katanya.

"Laga mendatang melawan Indonesia, Asosiasi Sepak Bola Bahrain mengarahkan semua suporter untuk mematuhi instruksi yang mengatur suporter stadion, apalagi setiap pelanggaran yang dilakukan akan dikenakan sejumlah sanksi dan denda," demikian keterangan tersebut.

Bagi Timnas Indonesia, sanksi ini dianggap menguntungkan karena ancaman teror suporter Bahrain, terutama penggunaan laser yang bisa mengganggu fokus pemain, dipastikan akan berkurang.

Pertandingan antara Bahrain melawan Timnas Indonesia akan berlangsung di Bahrain National Stadium, Kamis (10/10/2024) pukul 23.00 WIB.

Baca Juga: Shin Tae-yong Jelang Laga Bahrain Vs Indonesia: Daripada Balas Dendam, Kita Fokus Permainan Saja




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x